AKOMODASI PEMBELAJARAN UNTUK SLOW LEARNER DI KELAS III SD NEGERI WIDORO KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO KULON PROGO YOGYAKARTA

Prihatini, Weny (2015) AKOMODASI PEMBELAJARAN UNTUK SLOW LEARNER DI KELAS III SD NEGERI WIDORO KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Weny Prihatini_11108241116.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang akomodasi pembelajaran untuk slow learner di kelas III SD Negeri Widoro, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Aspek yang diamati dalam akomodasi pembelajaran yaitu lingkungan belajar, cara pengajaran dan materi, tuntutan waktu dan jadwal, serta tugas dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subyek penelitian ini adalah guru kelas III SD Negeri Widoro (HD). Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Widoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III SD Negeri Widoro sudah melaksanakan beberapa bentuk akomodasi pembelajaran dalam lingkungan belajar, cara pengajaran dan materi, tuntutan waktu dan jadwal, serta tugas dan penilaian. Dalam lingkungan belajar guru telah melakukan pengaturan dan penempatan tempat duduk slow learner, memberikan umpan balik lisan, serta memberi penghargaan verbal dan non verbal. Cara pengajaran dan materi yang dilakukan guru yaitu menerapkan pembelajaran kelompok dan mengulang penjelasan secara lisan. Untuk memenuhi tuntutan waktu dan jadwal guru memberikan waktu tambahan bagi slow learner. Dalam tugas dan penilaian guru membuat isyarat agar slow learner memperhatikan dengan tepuk tangan dan isyarat lisan, dalam memberikan tugas guru membaca, mengulangi, dan menyederhanakan petunjuk tugas, serta menyajikan ulangan dalam bentuk lisan dan tulisan. Kata kunci: akomodasi pembelajaran, slow learner

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:45
Last Modified: 29 Jan 2019 23:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21285

Actions (login required)

View Item View Item