Dewi, Victoria Ika Sartika (2013) INTERIOR DAN SARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS (INKLUSI) SEKOLAHKU-MY SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Victoria Ika Sartika Dewi 07206244039.pdf Download (33MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ciri-ciri tata ruang dan kebutuhan fasilitas pendidikan anak usia dini berkebutuhan khusus (diffability). Khususnya mengidentifikasi kesesuaian tata ruang dan fasilitas pendidikan di sekolah inklusi Sekolahku-My School. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan instrumen peneliti sendiri dibantu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data melalui teknik triangulasi teori berupa teori pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur pembentuk ruang di sekolah ini dirangkai untuk memperoleh bentuk yang membedakan antara bagian dalam maupun luar, dan membentuk batas-batas ruang interiornya dengan penerapan unsur arsitektur diantaranya dinding, lantai, langit-langit, pintu dan jendela. Fasilitas pendidikan di Sekolahku-My School sebagian besar berbahan kayu dengan finishing vernis. Warna hangat dan warna dingin diaplikasikan pada unsur tata ruang dan perabot sebagai stimulan yang baik untuk anak berkebutuhan khusus. Ukuran perabot telah memenuhi standar yaitu tinggi kursi anak untuk usia 2-3 tahun yaitu 25-30 cm, dan ukuran tinggi meja 45-50 cm.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interior, inklusi |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 24 Jun 2015 01:12 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21281 |
Actions (login required)
View Item |