PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO

Ari, Sapta Nawang (2015) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_AP_05101241024_Ari_Sapta_Nawang_Pawikan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Seberapa tinggi tingkat gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah; (2) Seberapa tinggi tingkat kinerja guru; dan (3) Seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Menengah Tingkat Pertama se Kecamatan Nanggulan yang berjumlah 138 guru. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dengan sampel sebesar 69 guru. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert yang memiliki 4 alternatif jawaban. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 20 guru. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dengan persentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Gaya kepemimpinan partisipatif kepala Sekolah Menengah Tingkat Pertama se Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo dalam kategori tinggi yaitu sebesar 82,23%; (2) Kinerja guru Sekolah Menengah Tingkat Pertama se Kecamatan Nanggulan dalam kategori sedang yaitu sebesar 79,48%; dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan partisipatif dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (R) 0,548 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,300. Ini berarti 30% variansi yang terjadi pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh gaya kepemimpinan partisipatif, sedangkan 70% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 23:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21280

Actions (login required)

View Item View Item