PEMANFAATAN LIMBAH KERTAS KORAN SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN TAS DAN SANDAL DI “DLUWANG ART” SINDUADI SLEMAN YOGYAKARTA

Astuti, Sri (2013) PEMANFAATAN LIMBAH KERTAS KORAN SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN TAS DAN SANDAL DI “DLUWANG ART” SINDUADI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sri Astuti 07206244005.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi bahan limbah kertas koran yang digunakan oleh Industri Rumah Tangga (IRT) ‘Dluwang Art’, (2) Mendeskripsikan cara dan langkah pembuatan produk kerajinan sandal, tas yang dilakukan oleh IRT ‘Dluwang Art’, dan (3) Mengidentifikasi desain bentuk produksi IRT ‘Dluwang Art’. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksploratif. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengungkapkan data-data secara cermat dan akurat melalui uraian yang faktual (secara verbal). Subjek penelitian adalah industri kerajinan ‘Dluwang Art’. Objek penelitian, koran sebagai bahan utama pembuatan tas dan sandal. Teknik pengumpulan datan adalah wawancara, observasi, kepustakaan, dan dokumentasi. Berdasar hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1) Kerajinan yang diproduksi oleh IRT ‘Dluwang Art’ berupa bentuk tas dan sandal berbahan dasar kertas koran bekas dengan mengikuti prinsip form follow function, yaitu bentuk desain mengikuti fungsi sebagai benda guna. Prosuk tas dan sandal selain memenuhi fungsi, ada tiga aspek desain yang dipenuhi sebagai suatu produk desain yang dianggap berhasil adalah aspek keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika). Produk yang dihasilkan merupakan produk kreatif yang ramah lingkungan. (2) Bahan baku utama produk kerajinan tas dan sandal yang diproduksi oleh IRT berupa kaertas koran. Koran tersebut dipilih yang masih utuh, tidak rusak, kotor ataupun sobek. Kertas koran yang paling baik adalah kertas koran yang berwarna putih (koran Kompas dan Jawa Pos). Selain karena warnanya lebih cerah, telstur kertasnya lebih liat dan tidak mudah sobek. Bahan tambahan yang digunakan antara lain enceng gondok, tempurung kelapa, tali ransel, dan rotan. Pemanfaatan bahan tersebut selain karena mudah didapat dan murah, tetapi juga karena bahan tersebut memenuhi syarat sebagai bahan baku kerajinan dan ramah lingkungan. (3) Cara dan langkah pembuatan produk kerajinan tas yang dilakukan oleh IRT ‘Dluwang Art’ meliputi : desain tas, pemilihan bahan baku, proses melinting, proses penenunan, proses pemotongan pola tas, proses penjahitan tas, dan proses finishing. Sedangkan cara dan langkah pembuatan produk sandal meliputi : desain sandal, pemilihan bahan baku, proses melinting, proses penenunan, proses pemotongan pola sandal, proses penjahitan, dan proses finishing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: limbah kertas koran, industri rumah tangga, desain kerajinan, kerajinan sandal dan tas, dluwang art
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Jun 2015 01:02
Last Modified: 29 Jan 2019 23:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21278

Actions (login required)

View Item View Item