PEMBELAJARAN SENI RUPA TIGA DIMENSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PLAYDOUGH DI KELOMPOK B1 TK ABA SIDOHARJO TURI SLEMAN YOGYAKARTA

Dewi, Siska Astari (2013) PEMBELAJARAN SENI RUPA TIGA DIMENSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PLAYDOUGH DI KELOMPOK B1 TK ABA SIDOHARJO TURI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siska Astari Dewi 08206241024.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran seni rupa tiga dimensi dengan menggunakan media playdough di Kelompok B1 TK ABA Sidoharjo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, dan karya anak Kelompok B1. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran seni rupa tiga dimensi dengan menggunakan media playdough di Kelompok B1 TK ABA Sidoharjo Turi. Guru merupakan sumber data tentang persiapan dan pelaksanaan pembelajaran seni rupa tiga dimensi di Kelompok B1. Kepala sekolah merupakan sumber data tentang kurikulum dan latar belakang sekolah. Karya anak kelompok B1 merupakan sumber data tentang hasil karya seni rupa tiga dimensi dengan menggunakan playdough. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan perpanjangan keikutsertaan. Analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Persiapan pembelajaran meliputi, Program Semester, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). Pembelajaran menggunakan model pembelajaran sentra dengan metode demonstrasi. (2) Pelaksanaan pembelajaran, pertama dengan menyiapkan media playdough, bok plastik, stiker, dan spidol. Kedua, guru beserta peneliti saling membantu untuk penyampaian langkah-langkah praktik. Ketiga, membagikan media ke masing-masing anak 2 bungkus dengan jumlah 12 kotak yang berisi warna yang berbeda. Keempat, anak-anak melakukan praktik. (3) Evaluasi hasil pembelajaran seni rupa tiga dimensi dengan menggunakan media playdough pada kelompok B1 berwujud 51 karya dengan Reward System.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: seni rupa tiga dimensi, playdough, TK ABA
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Jun 2015 00:59
Last Modified: 29 Jan 2019 23:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21277

Actions (login required)

View Item View Item