PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MOTIF RAGAM HIAS DI KELAS V SD NEGERI TAMBI I KECAMATAN SLIYEG KABUPATEN INDRAMAYU, JAWA BARAT

Jatipermana, Gunawan (2013) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MOTIF RAGAM HIAS DI KELAS V SD NEGERI TAMBI I KECAMATAN SLIYEG KABUPATEN INDRAMAYU, JAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gunawan Jatipermana 08206241034.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul lengkap (self contained) tentang motif ragam hias yang layak, yaitu memenuhi unsur karakteristik modul, kelengkapan komponen modul, unsur-unsur grafis, dan elemen mutu modul untuk kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan/research and development (R&D). Tahap penelitian ini terdiri dari: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perancangan (3) pengembangan modul (produk) awal, dan (4) uji coba lapangan. Setelah melakukan analisis kebutuhan di lapangan, maka dilakukan perancangan modul yang akan dikembangkan. Tahap selanjutnya adalah pengembangan modul hingga dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli media. Modul pembelajaran yang telah divalidasi kemudian diujikan kepada pengguna yaitu peserta didik kelas V SD melalui tiga tahap, yaitu: uji coba perorangan sebanyak 3 orang, uji coba kelompok kecil sebanyak 8 orang, dan uji coba kelompok besar sebanyak 27 orang. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas V SD Negeri Tambi I kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, dan hasil penelitian dianalisis dengan mengunakan teknik analisis isi dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran motif ragam hias untuk kelas V SD secara keseluruhan dikatakan layak, baik dari validasi ahli media, ahli materi dan serangkaian uji coba serta telah memenuhi unsur karakteristik modul, kelengkapan komponen modul, unsur-unsur grafis, dan elemen mutu modul. Hasil pengembangan produk terdiri dari dua bagian yaitu pedoman penggunaan modul untuk guru dan modul pembelajaran untuk peserta didik. Pedoman penggunaan modul untuk guru berisi SKKD, maksud dan tujuan serta petunjuk penilaian. Modul pembelajaran untuk peserta didik berisi tujuan keberhasilan pembelajaran, uraian materi, petunjuk belajar, tugas dan latihan, langkah kerja, penilaian, dan umpan balik. Secara substansi, materi yang dibahas adalah motif dasar ragam hias geometris, yaitu mengenal dan menyusun motif dasar ragam hias geometris berdasarkan bentuk dan irama dalam pembuatannya. Contohnya menyusun lingkaran-lingkaran yang beraturan hingga membentuk sebuah motif geometris, yaitu motif kawung, dikenalkan juga kepada peserta didik tentang motif swastika dan motif-motif yang menarik dengan menyusun bentuk/bidang seperti persegi empat, segitiga, elips menjadi sebuah motif yang indah. Disamping itu belajar mengapresiasi keunikan motif ragam hias geometris yang ada pada kain poleng dan kesenian wayang kulit. Semua materi tersebut dikemas ke dalam dua kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, motif ragam hias, SD
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 23 Jun 2015 07:08
Last Modified: 29 Jan 2019 23:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item View Item