Sudrajat, Ajat (2013) USAHA PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGREJO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Ajat Sudrajat 07206244014.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mind mapping dalam gambar siswa pada pembelajaran menggambar kelas III di SD Negeri Karangrejo Yogyakarta, dan pembelajaran mind mapping dalam menggambar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Karangrejo Yogyakarta dan objeknya adalah kreativitas melalui mind mapping dalam pembelajaran menggambar. Penelitian difokuskan pada 7 karya siswa yang dipilih secara random yang sesuai dengan topik utama mind mapping pada objek-objek bentuk dan warna dalam gambar siswa kelas III SD Negeri Karangrejo Yogyakarta. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan dan membahas objek bentuk dan warna melalui mind mapping dalam gambar siswa kelas III SD Negeri Karangrejo Yogyakarta, lalu dibandingkan hasil wawancara dengan guru, kepala sekolah, orang tua siswa dan siswa. Keabsahan data diperoleh melalui wawancara trianggulasi partisipan aktif dengan guru kelas III SD Negeri Karangrejo Yogyakarta. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa: objek bentuk yang digambarkan oleh siswa dalam gambar melalui mind mapping mewakili objek tertentu dalam lingkungan sesuai dengan pengalaman siswa, contohnya pernah melihat di museum, televisi, rumah sakit, dan lingkungan rumah seperti dapur. Simbol warna, digunakan sesuai dengan keinginan perasaannya. Dengan adanya teknik mind mapping diduga dapat meningkatkan kreativitas dan pencapaian hasil belajar pada siswa, karena menggunakan unsur kreativitas seperti bentuk, warna dan gambar dalam bentuk representasi mental. Pada 7 gambar siswa kelas III SD Negeri Karangrejo Yogyakarta sudah mengandung nilai kreativitas dalam objek-objek bentuk dan warna, antara lain: (1) kreativitas berimajinasi dan berkhayal tentang apa yang dicita-citakan, (2) kreativitas mengutarakan pendapat apa yang pernah dialami kemudian digambarkan dan, dan (3) kreativitas memahami dan merasakan bentuk sekitar dengan mencoba membuat objek bentuk sama dengan apa yang mereka pernah lihat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Mind Mapping, Menggambar |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 06:55 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21246 |
Actions (login required)
View Item |