MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TARUNA NUSANTARA MAGELANG

Budi, Kurniawan (2013) MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TARUNA NUSANTARA MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Pendahuluan.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian pendidikan sejarah ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang model pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan model pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana dukungan sarana/media pembelajaran dalam mengembangkan model pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara. Strategi penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yakni penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holitistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Dalam pelaksanaannya, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, pengamatan berperanserta, dan studi dokumentasi. Untuk memperoleh informasi yang mendalam mengenai fokus penelitian, maka peneliti menggunakan teknik cuplikan (sampling) yaitu purposive sample atau sampel bertujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran sejarah yang diterapkan di Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara adalah Model Pembelajaran Ekspositori dan Model Pembelajaran Konstekstual. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kreativitas guru sejarah di SMA Taruna Nusantara dalam mengembangkan model pembelajaran tampak dalam penerapan berbagai model pembelajaran, proses pembelajaran yang menyenangkan, dan kemampuan bertanya dan menimbulkan/memunculkan pertanyaan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa dukungan sarana/media pembelajaran di SMA Taruna Nusantara dalam mengembangkan model pembelajaran sejarah tampak dengan tersedianya media/sarana pembelajaran seperti media visual dinamis, media cetak,media visual tidak diproyeksikan, dan dukungan sarana pembelajaran disetiap ruangan kelas. Kata kunci: Model Pembelajaran Sejarah, Kreativitas Guru, Sarana/Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 24 Jun 2015 20:47
Last Modified: 29 Jan 2019 23:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21245

Actions (login required)

View Item View Item