Septianjar, Gunawan (2015) PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DAN FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SERTA PENDUKUNG TEACHING FACTORY DI PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Septianjar Gunawan 10502241004.pdf Download (38MB) | Preview |
Abstract
PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DAN FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SERTA PENDUKUNG TEACHING FACTORY DI PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh : Septianjar Gunawan NIM. 10502241004 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui secara sistematis pelaksanaan teaching factory di Program Studi Keahlian Teknik Audio Video SMK N 3 Yogyakarta, (2) mengetahui faktor yang menghambat pelaksanaan teaching factory di Program Studi Keahlian Teknik Audio Video SMK N 3 Yogyakarta, dan (3) mengetahui faktor yang mendukung pelaksanaan teaching factory di Program Studi Keahlian Teknik Audio Video SMK N 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah pengelola teaching factory. Obyek penelitian adalah pelaksanaan teaching factory. Data penelitian dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisa kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pelaksanaan teaching factory berawal dari pembentukan struktur manajemen dan kerjasama dengan industri. Standar kompetensi yang digunakan merupakan aplikasi dari kurikulum sekolah. Melibatkan siswa yang menguasai kompetensi kejuruan dan memiliki minat atau bakat. Media pembelajaran yang berupa produk telah disesuaikan dengan kompetensi. Pengajar yang terlibat memiliki kualifikasi akademis, pengalaman di industri, dan komitmen. Penggunaan perlengkapan dan peralatan sudah mampu untuk melaksanakan teaching factory, terutama produksi yang kondisinya sama dengan di industri. Produk hasil produksi dipasarkan ke konsumen dan kemudian dilakukan evaluasi pelaksanaan teaching factory oleh sekolah dan perusahaan; (2) faktor penghambat teaching factory yaitu modal yang belum mencukupi untuk melaksanakan teaching factory secara mandiri; (3) faktor pendukung teaching factory yaitu produk yang unggul, sumber daya manusia yang berkompeten, bahan baku yang mudah diperoleh, sarana dan prasarana yang mendukung, strategi kerja yang dapat disesuaikan dengan kondisi, pemasaran yang baik, dan lokasi yang mencukupi untuk melaksanakan produksi. Kata kunci: pelaksanaan teaching factory, faktor penghambat, faktor pendukung
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 06:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |