PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA BLAZER DI SMK N I SEWON BANTUL

Septi, Dwi Dayanti (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA BLAZER DI SMK N I SEWON BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Septi Dwi Dayanti 08513242001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA BLAZER DI SMK N I SEWON BANTUL Oleh: Septi Dwi Dayanti 08513242001 Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui tingkat pencapaian kompetensi membuat pola blazer peserta didik kelas XI di SMK N 1 Sewon Bantul; 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada pencapaian kompetensi membuat pola blazer pada kelas intervensi yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dan kelas non intervensi yang tidak menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD di SMK N 1 Sewon; 3) mengetahui pendapat peserta didik tentang penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada pencapaian kompetensi membuat pola blazer di SMK N 1 Sewon. Metode penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI busana SMK N 1 Sewon sebanyak 144 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling diperoleh sampel sebanyak 72 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan angket. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar penilaian unjuk kerja membuat pola blazer dan angket pendapat peserta didik tentang penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (t-test) untuk sampel mandiri (independen sampel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pencapaian kompetensi membuat pola blazer kelas non intervensi sebagian besar berada pada kategori tuntas sebanyak 27 peserta didik (75%), sedangkan pada kelas intervensi kategori tuntas sebanyak 36 peserta didik (100%); 2) terdapat pengaruh tingkat pencapaian kompetensi dengan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk pencapaian kompetensi membuat pola blazer antara kelas intervensi dan kelas non intervensi di SMK N 1 Sewon, hal ini ditunjukkan dari hasil rerata penilaian unjuk kerja yang diperoleh yaitu untuk kelas intervensi sebesar 8,16 sedangkan rata-rata kelas non intervensi sebesar 7,66. Kemudian dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) diperoleh t hitung 3,334 > t tabel 2,000, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD efektif digunakan dalam pembelajaran membuat pola blazer pada kelas XI busana SMK N 1 Sewon; 3) pendapat peserta didik tentang penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD menunjukkan bahwa pada kategori senang sebanyak 24 peserta didik (69,7%) dan pada kategori cukup senang sebanyak 12 peserta didik (33,3%). Kata kunci: Model pembelajaran cooperative learning tipe STAD, pencapaian kompetensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 06:40
Last Modified: 29 Jan 2019 23:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21241

Actions (login required)

View Item View Item