PENGEMBANGAN MODUL KERAJINAN MAKRAME UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PKK DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Sartini, Sartini (2015) PENGEMBANGAN MODUL KERAJINAN MAKRAME UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PKK DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sartini 08513245001.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL KERAJINAN MAKRAME UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PKK DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA Oleh: Sartini 08513245001 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran dan menganalisis tentang: 1) pengembangan modul kerajinan makrame untuk pembelajaran keterampilan PKK di SMP Negeri 1 Yogyakarta yang layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran keterampilan PKK sekaligus sebagai sumber belajar, 2) kualitas kelayakan modul kerajinan makrame untuk pembelajaran keterampilan PKK di SMP Negeri 1 Yogyakarta, 3) kualitas keterbacaan modul kerajinan makrame menurut persepsi siswa kelas IX yang mengikuti mata pelajaran pilihan keterampilan PKK di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Deveplopment/ penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall, dengan 5 langkah yaitu: 1) melakukan analisis produk, 2) mengembangkan produk awal, 3) Validasi ahli dan revisi, 4) uji keterbacaan modul, dan 5) produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2011. Penelitian ini mengembangkan produk berupa modul kerajinan makrame. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Yogyakarta yang mengikuti mata pelajaran pilihan keterampilan PKK yakni sebanyak 166 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional random sampling diperoleh sebanyak 50 sampel ( 30% dari jumlah populasi ). Uji coba kelompok kecil diluar sampel dilakukan pada 10 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode diskusi mendalam dengan pakar dan guru mata pelajaran keterampilan PKK dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa: 1) dihasilkan modul kerajinan makrame untuk pembelajaran keterampilan PKK di SMP Negeri 1 Yogyakarta, 2) kualitas kelayakan modul kerajinan makrame untuk pembelajaran keterampilan PKK di SMP Negeri 1 Yogyakarta, yang telah teruji/berkualitas menurut ahli media dan ahli materi menyatakan modul layak sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam membantu proses belajar keterampilan PKK dalam membuat kerajinan makrame, 3) kualitas keterbacaan modul menurut siswa, tergolong pada kategori sangat baik sehingga modul kerajinan makrame baik digunakan sebagia sumber belajar dalam proses belajar keterampilan PKK dalam membuat kerajinan makrame. Kata Kunci: Modul kerajinan makrame, kelayakan modul, dan keterbacaan modul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 06:37
Last Modified: 29 Jan 2019 23:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21240

Actions (login required)

View Item View Item