EFEKTIFITAS STRATEGI PETA KONSEP ( DALAM PEMBELAJARAN LISTRIK OTOMOTIF DI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

SARMIDI, SARMIDI (2015) EFEKTIFITAS STRATEGI PETA KONSEP ( DALAM PEMBELAJARAN LISTRIK OTOMOTIF DI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sarmidi 10504245001.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

EFEKTIFITAS STRATEGI PETA KONSEP ( DALAM PEMBELAJARAN LISTRIK OTOMOTIF DI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Tujuan penelitian ini map) pada pembelajaran Listrik Otomotif, 2) melalui penerapan strategi peta konsep ( Otomotif, 3) Mengetahui efekti pada pembelajaran Listrik Otomotif di kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan. Subjek dalam penelitian ini Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode Design, dengan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan strategi peta konsep dan kelas kontrol tanpa strategi peta konsep. Data diperoleh dari Nilai awal dianalisa untuk mengetahui kemampuan awal siswa pada kelom kontrol dan eksperimen. N penerapan strategi pembela komparatif dengan uji t dua sampel. Ef melalui peningkatan hasil belajar. Peningkatan ini kenaikan dari nilai postest ditunjukkan dalam persen juga akan ditunjukkan dalam presentase nilai siswa yang mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan eksperimen. Siswa berlatih untuk membuat konsep sehingga lebih mudah da mengukuti pembelajaran. dalam membuat ringkasan pelajaran menggunakan teknik statistik komparatif dengan perbedaan yang signifikan 80,22 dan kelas kontrol pretest ke posttest sebesar 20,78 % untuk eksperimen. Siswa pada kelas eksperimen yang tuntas KKM mencapai 69 %, sedangkan untuk kelas kontrol hanya 27 %. 3 penelitian maka pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan yaitu pembelajaran dengan menggunakan strategi peta konsep efektif jika dibandingkan dengan Kata kunci : strategi peta konsep vii MIND MAP Oleh: SARMIDI NIM 10504245001 ABSTRAK adalah 1) Menerapkan strategi peta konsep ( ) Mengetahui hasil belajar siswa mind map) pada pembelajaran Listrik engetahui efektifitas penerapan strategi peta konsep (mind map jek siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Non-Equivalent Control Group , nilai awal (pretest) dan nilai akhir ( Nilai akhir dianalisa untuk mengetahui efektifitas pembelajaran. Analisi data menggunakan teknik Efektifitas penerapan strategi di an : 1) Peta konsep diterapkan dan mempresentasikan hasil dalam mengingat pelajaran serta termotivasi untuk Hal ini dikarenakan siswa mempunyai teknik baru pelajaran. 2) Hasil belajar siswa setelah dianalisa uji t dua sampel signifikan. Kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata mempunyai nilai rata-rata 72,11. Presentase kenaikan dari kelas kontrol dan 26,67% pada rimen. 3) Berpijak dari beberapa hasil dalam an tanpa menggunakan strategi peta konsep. konsep, hasil belajar siswa MAP) mind engetahui aran m

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 02:59
Last Modified: 29 Jan 2019 23:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21209

Actions (login required)

View Item View Item