RELEVANSI ANTARA KOMPETENSI MATA PELAJARAN PRODUKTIF DENGAN PEKERJAAN DALAM PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Samsul, Huda (2015) RELEVANSI ANTARA KOMPETENSI MATA PELAJARAN PRODUKTIF DENGAN PEKERJAAN DALAM PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SAMSUL HUDA 11504246001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi antara kompetensi mata pelajaran produktif yang diberikan SMK Perindustrian dengan pekerjaan yang dilakukan siswa dalam pelaksanaan praktek kerja industri. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui pekerjaan yang didapatkan siswa SMK Perindustrian dalam pelaksanaan praktek kerja industri. Penelitian deskriptif bersifat expost facto ini menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII SMK TKR Perindustrian Tahun angkatan 2009/2010 yang berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data tentang kompetensi mata pelajaran produktif dengan cara dokumentasi dan data tentang pekerjaan yang didapatkan siswa menggunakan angket yang telah dikonsultasikan kepada ahli (expert judgement). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase dan analisis deskriptif kualitatif dengan penjelasan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) pekerjaan yang dilakukan siswa dalam pelaksanaan prakerin merupakan implementasi dari kompetensi mata pelajaran produktif dengan rerata implementasi Dasar Kompetensi Kejuruan sebesar 3,3 (sangat tinggi) dan rerata implementasi Kompetensi Kejuruan sebesar 2,6 (kategori rendah). Intensitas pekerjaan bidang Dasar Kompetensi Kejuruan yang tinggi dilaksanakan siswa sebesar 50%, bidang Mesin sebesar 50%, bidang Sistem Pemindah Tenaga sebesar 50%, bidang Chasis dan suspensi sebesar 13%, dan bidang Kelistrikan sebesar 50%. (2) tingkat relevansi kompetensi mata pelajaran produktif dalam pelaksanaan prakerin sebesar 94% (sangat relevan) dengan rincian relevansi Dasar Kompetensi Kejuruan dengan pekerjaan siswa sebesar 98% (sangat relevan), dan relevansi Kompetensi Kejuruan dengan pekerjaan siswa sebesar 91% (sangat relevan). Kata kunci : relevansi, implementasi, kompetensi mata pelajaran produktif, praktek kerja industri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 02:47
Last Modified: 29 Jan 2019 23:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21204

Actions (login required)

View Item View Item