PENGEMBANGAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA DIKLAT MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH 01 PAGUYANGAN BREBES

Ryan, Fitrian Pahlevi (2015) PENGEMBANGAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA DIKLAT MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH 01 PAGUYANGAN BREBES. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ryan Fitrian pahlevi 07503241022.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA DIKLAT MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH 01 PAGUYANGAN BREBES Oleh: Ryan Fitrian Pahlevi 07503241022 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan modul, (2) mengetahui kelayakan dan (3) mengetahui keefektifan modul menginterpretasikan gambar teknik, yang telah dibuat untuk mendukung pembelajaran pada mata diklat menginterpretasikan gambar teknik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu dengan menganalisis data kuantitatif kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pengembangan modul pembelajaran dilakukan dalam empat tahapan utama yaitu menganalisis kebutuhan, merancang dan membuat modul, pengujian kelayakan serta pengujian keefektifan modul; (2) pengujian kelayakan didapatkan nilai persentase rata-rata 88% dengan kriteria “sangat baik” dan disimpulkan modul pembelajaran menginterpretasikan gambar teknik ini layak digunakan untuk proses pembelajaran; dan (3) pengujian keefektifan dilakukan dengan membandingkan nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai posttest kelas kontrol didapatkan hasil nilai

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 02:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21199

Actions (login required)

View Item View Item