PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI COMPUTERISED AIDED DESIGN (CAD) DENGAN SOFTWARE INVENTOR SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Ryan, Dwi Saputra (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI COMPUTERISED AIDED DESIGN (CAD) DENGAN SOFTWARE INVENTOR SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ryan Dwi Saputra 09503241013.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI COMPUTERISED AIDED DESIGN (CAD) DENGAN SOFTWARE INVENTOR SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 KLATEN Oleh: Ryan Dwi Saputra NIM. 09503241013 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada Kompetensi CAD melalui penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PBL), serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi CAD melalui penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PBL) di kelas XI TPM-A Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Klaten. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, observer, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TPM-A Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Klaten tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi; (b) memberikan tes; dan (c) menyebarkan angket. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa keaktifan ranah afektif siswa mengalami peningkatan pada rerata persentase skor siswa, yaitu dari 67,34% pada akhir siklus I menjadi 75,61% pada akhir siklus II. Keaktifan ranah afektif siswa juga mengalami peningkatan pada rerata persentase skor siswa, yaitu dari 70,17% pada akhir siklus I menjadi 80,09% pada akhir siklus II. Sementara itu, hasil tes kognitif yang dilakukan di kegiatan pra siklus, siklus I dan siklus II, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dan jumlah siswa yang mencapai Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM). Nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 74,83, kemudian meningkat menjadi 78,83 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,06 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas pada pra siklus sebanyak 20 siswa (55,56%), meningkat menjadi 29 siswa (80,56%) pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 33 siswa (91,67%) pada siklus II. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Project Based Learning (PBL), Prestasi pelajaran CAD, Keaktifan Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 02:24
Last Modified: 29 Jan 2019 23:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21197

Actions (login required)

View Item View Item