PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS IX SMPN 2 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Rizkinia, Zela Kartika (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA KELAS IX SMPN 2 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rizkinia Zela Kartika 08520244013.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan hasil belajar siswa kooperatif STAD dan TGT pada mata pelajaran TIK kelas IX di SMPN 2 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas IX semester II. M pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran koopertif TGT diterapkan pa kelas IX D dengan jumlah siswa pada masing yang digunakan dalam penelitian ini adalah dipilih adalah nonequivalent control group design penelitian ini menggunakan berdasarkan penilaian para ahli menggunakan Cronbach Alpha ini meliputi uji normalita dengan program SPSS Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ko menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Hal ini dit uji hipotesis posttest. bahwa nilai signifikasinya adalah diterima. Dimana Ha Teknologi Informasi dan pembelajaran kooperatif Dengan demikian,siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif TGT memiliki 83,7361 dibanding siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD yang mempunyai jumlah rata 77,9861. Kata Kunci : TGT, hasil belajar vii HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN STUDENT TEAM DENGAN TEAM PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI KELAS IX Rizkinia Zela Kartika 08520244013 ABSTRAK tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan dengan membandingkan penggunakan model an STAD diterapkan pada kelas kontrol yaitu kelas IX B pada kelas eksperimen masing-masing kelas 36 siswa. quasi experimental design. Teknik penentuan sampel pada purposive sampling. Uji validitas butir soal (judgement expert) dan uji relibilitas Alpha. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian normalitas, uji homogenitas dan uji t. Pengolahan SPSSTM versi 17.0. kooperatif TGT lebih tinggi dibanding dengan siswa yang ditunjukkan dengan Hasil uji hipotesis posttest menggunakan uji t menunjukkan (0.000<0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha Ha: Ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komunikasi (TIK), antara penerapan model STAD dengan model pembelajaran kooperatif rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi yaitu berjumlah rata-rata nilai posstest Perbandingan, model pembelajaran kooperatif GAME pembelajaran Model da yaitu Metode dan desain yang . . an data dilakukan peratif unjukkan , ar unikasi TGT. sebanyak kooperatif,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 23:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21190

Actions (login required)

View Item View Item