MEDIA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER AVR UNTUK SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Rizki, Edi Juwanto (2015) MEDIA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER AVR UNTUK SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rizki Edi Juwanto 12502245001.pdf

Download (63MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MEDIA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER AVR UNTUK SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Rizki Edi Juwanto NIM. 12502245001 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mikrokontroler AVR dan menguji tingkat kelayakanya. Media pembelajaran ini digunakan pada mata pelajaran teknik digital di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran mikrokontroler AVR, yang dibuat dalam bentuk modul-modul trainer. Tahap pengembangan produk meliputi 1). Analisis awal, 2). Desain, 3). Validasi, 4). Pengujian, 5). Revisi, dan 6). Ujicoba pemakaian. Tahapan pengembangan dilakukan dengan melibatkan guru dan para tenaga ahli. Sedangkan pengujian kelayakan media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ujicoba pemakaian oleh siswa. Hasil pengembangan media pembelajaran berupa media pembelajaran mirokontroler AVR dengan jenis chip Atmega 16 dan 9 jenis I/O. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran mikrokontroler AVR masuk dalam kategori sangat layak. Hasil ini diperoleh berdasarkan validasi isi oleh ahli materi, validasi konstruk oleh ahli media pembelajaran dan dalam uji pemakaian oleh siswa di SMK N 2 Yogyakarta masuk dalam kategori sangat layak. Kata kunci: trainer, media pembelajaran, mikrokontoler

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 02:02
Last Modified: 29 Jan 2019 23:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21186

Actions (login required)

View Item View Item