PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTER LEARNING (SCL) PADA SISWA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Rizka, Wahyu Aryani (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTER LEARNING (SCL) PADA SISWA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
rizka wahyu aryani 09513241026.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTER LEARNING (SCL) PADA SISWA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Oleh: Rizka Wahyu Aryani NIM.09513241026 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan pendekatan Student Center Learning (SCL) model Cooperative Learning (CL) tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan aktivitas dan kompetensi pemeliharaan bahan tekstil pada siswa kelas X Busana Butik 4 di SMK Negeri 4 Yogyakarta, (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran pemeliharaan bahan tekstil dengan pendekatan SCL model CL tipe GI, dan (3) meningkatkan kompetensi belajar siswa pada pembelajaran pemeliharaan bahan tekstil dengan pendekatan pendekatan SCL model CL tipe GI. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model spiral Kemmis dan Mc.Taggart dengan siklus yang meliputi tahap perencanaan, tindakan & pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan subjek penelitian kelas X Busana Butik 4 yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, angket pendapat siswa dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan kepada keputusan judgement expert dan uji reliabilitas menggunakan antar-rater yaitu dengan procentage of agreement. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan SCL model CL tipe GI ini mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan dibuktikan pada pra siklus, yaitu 13 siswa (38,24%) kategori sangat rendah, 17 siswa (50%) kategori rendah dan 4 siswa (11,76%) kategori tinggi, meningkat pada siklus I, yaitu 10 siswa (29,41%) kategori rendah, 17 siswa (50%) kategori tinggi dan 7 siswa (20,59%) kategori sangat tinggi dan meningkat kembali pada siklus II sebanyak 7 siswa (14,71%) kategori tinggi dan 29 siswa (85,29%) kategori sangat tinggi. Kompetensi belajar siswa juga meningkat, dibuktikan pada pra siklus, 18 siswa (52,94%) belum tuntas dan 16 siswa (47,06%) tuntas, meningkat pada siklus I, yaitu 5 siswa (14,71%) belum tuntas dan 29 siswa (85,29%) tuntas, dan meningkat kembali pada siklus II, yaitu 34 siswa (100%) tuntas memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan pendekatan SCL model CL tipe GI dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi pemeliharaan bahan tekstil pada siswa kelas X Busana Butik 4 di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Hal ini berarti hipotesis tindakan pada penelitian ini terbukti. Kata kunci: aktivitas belajar, kompetensi pemeliharaan bahan tekstil, pendekatan Student Center Learning (SCL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 01:57
Last Modified: 29 Jan 2019 23:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21184

Actions (login required)

View Item View Item