PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMPONEN KOMPUTER DAN INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS MULTIMEDIA

RIVAI, YUDYA SAPUTRA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMPONEN KOMPUTER DAN INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS MULTIMEDIA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rivai Yudya S 08520244019.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMPONEN KOMPUTER DAN INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS MULTIMEDIA Oleh : RIVAI YUDYA SAPUTRA NIM. 08520244019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui unjuk kerja, mengetahui tingkat kelayakan dan mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif komponen komputer dan instalasi sistem operasi berbasis multimedia dalam proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran TIK dengan pokok bahasan komponen komputer serta instalasi sistem operasi. Media pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode Research and Development (R & D) atau termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 8 tahapan. Tahapan dalam proses pengembangan media tersebut adalah sebagai berikut : tahap analisis, perancangan desain media, implementasi, pengujian, revisi tahap I, uji coba, revisi tahap II dan produksi. Media pembelajaran ini dikembangan dengan menggunakan bantuan software Macromedia Flash 8. Pengujian yang dilakukan berupa alpha testing dengan validasi oleh expert judgement yaitu ahli rekayasa perangkat lunak, ahli media dan ahli materi, beta testing dengan uji coba media kepada siswa. Setelah alfa testing dilakukan dan hasil validasi memenuhi kriteria sebuah media pembelajaran interaktif yang layak, baru dilakukan pengujian beta testing dengan memberikan kuasioner kepada siswa untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan media di lapangan. Pengambilan data dilaksanakan di SMA N 1 Bantul, Jl wahid Hasyiem, Bantul, Yogyakarta kelas X dengan melibatkan 30 siswa untuk uji coba instrumen dan 115 siswa yang diambil dari 7 kelas untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan angket skala likert, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan mengubah data hasil rata-rata penilaian kedalam interval skor kelayakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat validasi pengembangan media pembelajaran interaktif dari validator ahli rekayasa perangkat lunak sebesar 67,5 pada katagori layak, ahli media sebesar 105,5 pada kategori sangat layak,dan ahli materi mendapat skor 149,75 pada kategori sangat layak, sedangkan menurut tanggapan siswa terhadap penggunaan media di lapangan mendapat skor 128,54 yaitu pada kategori sangat layak. Hasil pengujian secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif komponen komputer dan instalasi sistem operasi berbasis multimedia untuk siswa kelas X layak untuk digunakan. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Kelayakan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 23:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21164

Actions (login required)

View Item View Item