PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PENYELESAIAN PEMBUATAN GAMBAR PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 3 MAGELANG

Risma, Wakhidatun Solekhah (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PENYELESAIAN PEMBUATAN GAMBAR PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 3 MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
RISMA WAKHIDATUN S 07513241009.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PENYELESAIAN PEMBUATAN GAMBAR PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 3 MAGELANG Oleh: Risma Wakhidatun Solekhah 07513241009 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pencapaian kompetensi penyelesaian pembuatan gambar sebelum menerapkan model pembelajaran langsung siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Magelang. 2) Mengetahui pencapaian kompetensi penyelesaian pembuatan gambar setelah menerapkan model pembelajaran langsung siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Magelang. 3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran langsung terhadap pencapaian kompetensi penyelesaian pembuatan gambar siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Magelang. Metode penelitian ini termasuk jenis eksperimen, menggunakan desaian pretestposttets control group design. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September – November 2011 di SMK Negeri 3 Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 3 Magelang sejumlah 120 siswa. Untuk menentukan jumlah sampel menggunakan acuan dari perhitungan Suharsimi Arikunto dengan mengambil 23,33% dari jumlah populasi dan diperoleh sampel 28 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling berupa proportionate random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, berupa tes pilihan ganda dan tes unjuk kerja. Instrumen yang telah disusun kemudian dicari validitasnya melalui rekomendasi ahli (judgment expert) yang dinyatakan layak digunakan sebagai penelitian, untuk tes pilihan ganda dilakukan uji validitas dengan product moment terdapat dua soal yang tidak valid. Uji reliabilitas untuk penilaian unjuk kerja menggunakan antar rater diperoleh r = 0,859, penilaian sikap dengan Alpha Cronbach pada taraf signifikansi 5% dengan hasil r = 0,734 dan untuk tes pilihan ganda menggunakan KR 20 diperoleh r = 0,513. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran langsung kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencapaian kompetensi penyelesaian pembuatan gambar sebelum menerapkan model pembelajaran langsung diperoleh sebesar 3,6% atau1 siswa yang memenuhi KKM dan 96,4% atau 27 siswa belum memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 70, nilai terendah 46, rata-rata 56,11. 2) Pencapaian kompetensi penyelesaian pembuatan gambar setelah menerapkan model pembelajaran langsung sebesar 100% seluruh siswanya sudah memenuhi nilai KKM dengan nilai tertinggi 90 nilai terendah 78 dan rata-rata 82,25. 3) Pengaruh penerapan model pembelajaran langsung ditunjukkan oleh hasil uji t sebesar t = 21,960 dengan dk = 27 dan p = 0,000, karena nilai p < 0,05 maka Ha diterima sehingga ada pengaruh penerapan model pembelajaran langsung terhadap pencapaian kompetensi penyelesaian pembuatan gambar. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pencapaian kompetensi penyelesaian pembuatan gambar sebesar 21,960% (22%) dipengaruhi oleh model pembelajaran langsung. Kata kunci : Model Pembelajaran Langsung , Penyelesaian Pembuatan Gambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 23:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item View Item