Rifky, Hidian Prabandaru (2015) KEEFEKTIFAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PERALATAN PENGENDALI DAYA TEGANGAN RENDAH KELAS XI DI SMKN 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.
|
Text
Rifky Hidian Prabandaru - 10501244002.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
KEEFEKTIFAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PERALATAN PENGENDALI DAYA TEGANGAN RENDAH KELAS XI DI SMKN 1 SEDAYU Oleh : Rifky Hidian Prabandaru NIM 10501244002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar pada penguasaan kompetensi aspek kognitif antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar pada penguasaan kompetensi aspek afektif antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (3) perbedaan hasil belajar pada penguasaan kompetensi aspek psikomotorik antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Sedayu tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 60 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, dimana setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan lembar kerja siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif,uji N-gain, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan kompetensi pengoperasian peralatan pengendali daya tegangan rendah aspek kognitif antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (thitung=-5,216>ttabel=- 2,002 ; p = 0,000); (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan kompetensi pengoperasian peralatan pengendali daya tegangan rendah aspek afektif antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional (thitung=-6,079>ttabel=-2,002 ; p = 0,000); (3)Terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan kompetensi pengoperasian peralatan pengendali daya tegangan rendah aspek psikomotorik antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Based Learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional (thitung= -3,175 >ttabel=-2,002 ; p = 0,002). Kata kunci : efektivitas pembelajaran, inquiry based learning, quasi experiment
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 01:02 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |