EFEKTIVITAS PEMANFAATAN GAMBAR TEMPEL PADA PEMBACAAN KODE WARNA RESISTOR DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Rezky, Ariananda (2015) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN GAMBAR TEMPEL PADA PEMBACAAN KODE WARNA RESISTOR DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rezky Arianda 08502244023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN GAMBAR TEMPEL PADA PEMBACAAN KODE WARNA RESISTOR DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA Oleh Rezky Ariananda NIM. 08502244023 ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar antara siswa yang memanfaatkan gambar tempel dan tidak memanfaatkan gambar tempel dengan bantuan papan magnet pada pembacaan kode warna resistor; dan mengetahui efektivitas dari memanfaatkan gambar tempel dengan bantuan papan magnet pada pembacaan kode warna resistor di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah true experiments dengan desain atau rancangan penelitian “Post-test Control Group Design”, dimana sekelompok subjek diambil dari populasi tertentu yang dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi berjumah 272 siswa kelas IX dan sampel yang diambil sebanyak 68 siswa kelas IX di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Data penelitian diambil dengan melakukan post-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Menentukan tingkat validitas dan reliabilitas instrumen penelitian yang berupa post-test, butir-butir pertanyaan instrumen penelitian dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Sebelum dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis dengan Uji-T, dilakukan uji persyaratan analisis terhadap data penelitian yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada post-test pertama kelompok kontrol sebesar 57,5 dan kelompok eksperimen sebesar 78,68. Pada post-test ke 2 kelompok kontrol sebesar 61,47 dan kelompok eksperimen sebesar 80,74. Pada post-test ke 3 kelompok kontrol sebesar 63,97 dan kelompok eksperimen sebesar 90. Ada perbedaan nilai hasil belajar post-test pertama sebesar 21,18, post-test ke dua sebesar 19,27 dan post-test ke tiga sebesar 26,03 yang menunjukkan bahwa siswa yang memanfaatkan gambar tempel pada pembacaan kode warna resistor memiliki nilai hasil belajar yang lebih baik daripada yang tidak memanfaatkan gambar tempel; Hasil analisis Uji-T pada post-test pertama menunjukkan tingkat signifikannya 0,000 < 0,05, post-test ke 2 adalah 0,001 < 0,05 dan post-test ke 3 adalah 0,000 < 0,05. sehingga hipotesis alternatif penelitian yang menyatakan bahwa efektifnya pemanfaatan gambar tempel terhadap nilai hasil belajar siswa pada pembacaaan kode warna resistor daripada yang tidak menggunakan gambar tempel dapat diterima dan karena nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen pada post-test 1 adalah 78,68, post-test 2 adalah 80,74 dan post-test 3 adalah 90 di atas nilai KKM 75. Artinya pemanfaatan gambar tempel pada pembacaan kode warna resistor dapat dikatakan efektif. Kata Kunci: gambar tempel, papan magnet, kode warna resistor, true experiments

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 23:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21156

Actions (login required)

View Item View Item