PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT PROPORSI TUBUH WANITA MELALUI METODE LATIHAN REPETITION DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X DI SMK TUGU NASIONAL CAWAS KLATEN

Retno, Wulan Ningsih (2015) PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT PROPORSI TUBUH WANITA MELALUI METODE LATIHAN REPETITION DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X DI SMK TUGU NASIONAL CAWAS KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Retno Wulan Ningsih 09513242009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT PROPORSI TUBUH WANITA MELALUI METODE LATIHAN REPETITION DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X DI SMK TUGU NASIONAL CAWAS KLATEN Oleh: Retno Wulan Ningsih 09513242009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui penerapan metode latihan repetition dalam model pembelajaran langsung di SMK Tugu Nasional Cawas Klaten 2) mengetahui pencapaian kompetensi belajar membuat proporsi tubuh wanita pada siswa setelah menggunakan metode latihan repetition dalam model pembelajaran langsung di SMK Tugu Nasional Cawas Klaten Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Busana yang berjumlah 9 siswa, Obyek penelitian adalah kompetensi siswa membuat proporsi tubuh wanita melalui metode latihan repetition dalam model pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini tes pilihan ganda, lembar observasi dan penilaian unjuk kerja. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, tes kognitif, lembar observasi afektif, lembar penilaian unjuk kerja Instrumen yang telah disusun kemudian dicari validitasnya melalui rekomendasi ahli (judgment expert) yang dinyatakan layak digunakan sebagai penelitian. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Sperman Brown (Split half) untuk soal tes sebesar 0,778, alpha crombach untuk lembar observasi sebesar 0,660, dan antar-rater untuk unjuk sebesar 0,913. Untuk analisis data menggunakan stastistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan metode latihan repetition dalam model pembelajaran langsung di SMK Tugu Nasional dilaksanakan dengan a). perencanaan (planning,) b). tindakan (Action), c). pengamatan (observing), d). refleksi. 2) Kompetensi membuat proporsi tubuh wanita pada siswa kelas X menggunakan metode latihan repetition dalam model pembelajaran langsung mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada pra siklus nilai rata-rata kelasnya 47,4 dan semua siswa dalam kategori tidak tuntas 100% atau 9 siswa. Siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75 dengan kategori tuntas 56% atau 5 siswa kategori belum tuntas 44% atau 4 siswa. Siklus II Nilai rata-rata kelasnya 85,1. Pada siklus II 100% siswa dinyatakan memenenuhi KKM yaitu 75. Ketuntasan kompetensi siswa meningkat sebanyak 9 siswa (100%) dan kategori belum tuntas sebanyak 0 siswa (0%), maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan repetition dalam model pembelajaran langsung efektif dan dapat meningkatkan pencapaian kompetensi siswa dalam membuat proporsi tubuh wanita pada siswa kelas X di SMK Tugu Nasional Cawas Klaten. Kata kunci: Kompetensi, Proporsi tubuh wanita, Repetition

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 00:49
Last Modified: 29 Jan 2019 23:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21154

Actions (login required)

View Item View Item