PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BUSANA DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN

Retno, Sapto Rini Sudiasih (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BUSANA DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Retno Sapto Rini Sudiasih 06513245002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BUSANA DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN Oleh : Retno Sapto Rini Sudiasih 06513245002 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Penerapan Metode Tutor Sebaya Pada Mata Diklat Menggambar Busana di SMK Ma’arif 2 Sleman. (2) Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Busana Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya di SMK Ma’arif 2 Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refkleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Ma’arif 2 Sleman pada mata diklat Menggambar Busana dengan materi teknik penyelesaian gambar. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling karena terdapat 3 kelas jurusan tata busana di SMK ma’arif dan terpilih kelas XIB dengan jumlah 28 siswa karena hasil belajar siswa kelas XIB lebih rendah dibandingkan dengan kelas lainnya. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan berdasarkan judgment exspert yaitu 3 orang yang ahli dalam bidang menggambar busana dan uji realibilitas instrument menggunakan metode belah dua (slit-half method) dengan hasil 0,54 kemudian dikorelasikan menggunakan rumus spearman-brown dengan hasil 0,70 sehingga taraf reliabilitas uji coba instrument signifikan pada taraf 1% (rs =0,70>0,64). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan: (1) Penerapan metode Tutor Sebaya pada mata diklat Menggambar Busana yaitu, (a) Perencanaan dilakukan oleh guru dan peneliti dengan menyiapkan RPP, media dan instrument. Sebelum tindakan guru memilih Tutor dan membagi kelompok (b) Tindakan dilakukan guru dan tutor. Guru menjelaskan materi terlebih dahulu dan tutor mengajari kembali kelompoknya dengan bantuan media job sheet (c) Pengamatan dilakukan oleh peneliti dan observer yang diamati adalah dua aspek yaitu proses dan hasil belajar. Selama proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan kualitas dalam pembelajaran menggambar busana yang ditunjukkan oleh kegiatan siswa sebelum tindakan 18 siswa atau 65% pada siklus I meningkat 27 siswa atau 98% siklus II menjadi 28 siswa atau 98%. motivasi siswa sebelum tindakan 20 siswa atau 74% pada siklus I meningkat menjadi 27 siswa atau 95% pada siklus II menjadi 28 atau 97% , keaktifan siswa dar1 16 siswa atau 57% siklus I menjadi 27 atau 97% pada siklus Ii menjadi 28 siswa atau 99% (d) Refleksi pada siklus I penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar menggambar busana dan untuk lebih memaksimalkan hasil belajar maka dilanjutkan pada siklus II dengan tambahan media gambar desain busana. (2) Hasil belajar menggambar busana siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh adanya peningkatan rerata kelas nilai kognitif siswadari 43 meningkat 5% menjadi 45 pada siklus pertama dan siklus kedua meningkat 12% menjadi 48. Peningkatan juga terjadi pada nilai psikomotor siswa yang ditunjukkan dari hasil menggambar yaitu sebelum tindakan hasil menggambar siswa 75 meningkat 7,4 % menjadi 81 pada siklus I dan meningkat 10,3% menjadi 83 pada siklus II. Selain itu berdasarkan pengamatan proses pembelajaran mengalami peningkatan Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Menggambar Busana di SMK Ma’arif 2 Sleman. Kata kunci: Hasil belajar, Menggambar Busana, Metode Tutor Sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 00:45
Last Modified: 29 Jan 2019 23:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21152

Actions (login required)

View Item View Item