PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN INOVATIF YANG MENYENANGKAN DI SMK N TEKNOLOGI SE-DIY

Retno, Apriyati (2015) PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN INOVATIF YANG MENYENANGKAN DI SMK N TEKNOLOGI SE-DIY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Retno Apriyati 09505241024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN INOVATIF YANG MENYENANGKAN DI SMK N TEKNOLOGI SE-DIY Oleh Retno Apriyati NIM. 09505241024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang, (1) strategi pembelajaran inovatif yang menyenangkan, (2) pemberian tugas di luar jam pelajaran pada pembelajaran inovatif yang menyenangkan, (3) pemberian reward/penghargaan dalam pembelajaran inovatif yang menyenangkan, (4) media pembelajaran inovatif yang menyenangkan, (5) pembelajaran inovatif yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif survey. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK N eks-RSBI Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY. SMK N yang termasuk dalam eks-RSBI adalah SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 2 Depok, SMK N 2 Pengasih dan SMK N 2 Wonosari. Untuk pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportional sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 292 siswa kelas X, XI, XII Prograk Keahlian Teknik Bangunan SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 2 Depok, SMK N 2 Pengasih dan SMK N 2 Wonosari, penentuan jumlah sampel ditentukan menggunakan Tabel Krejcie Morgan dengan interval kepercayaan sebesar 95%,. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif (rerata). Hasil penelitian menunjukan bahwa: Persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang Pembelajaran Inovatif yang Menyenangkan termasuk dalam kategori cukup menyenangkan dengan skor rerata 69,91%. Pada indikator strategi pembelajaran inovatif yang menyenangkan termasuk dalam kategori cukup menyenangkan dengan skor rerata 65,71%. Senada dengan hasil diatas, pada pemberian tugas di luar jam pelajaran yang menyenangkan termasuk dalam kategori cukup menyenangkan dengan skor rerata 64,51%.Sementara itu persepsi siswa tentang pembelajaran inovatif dengan pemberian reward / penghargaan yang menyenangkan termasuk dalam kategori menyenangkan dengan rerata 73,63%.Persepsi siswa tentang media pembelajaran inovatif yang menyenangkan termasuk dalam kategori menyenangkan dengan rerata 74,13%. Hasil tersebut sangat memungkinkan karena dalam penelitian ini sifatnya masih persepsi tentang bayangan pembelajaran inovatif yang diberikan. Persepsi siswa sangat dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu, kepribadian, tingkat kemampuan dan kemauannya. Kata kunci : Persepsi, pembelajaran inovatif, pembelajaran menyenangkan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 00:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21150

Actions (login required)

View Item View Item