PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), JIGSAW DAN METODE KONVENSIONAL DALAM MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS VII DI SMP N 2 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2011/2012

Resty, Rahmadhani (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), JIGSAW DAN METODE KONVENSIONAL DALAM MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS VII DI SMP N 2 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Resty Rahmadhani 08520244012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), JIGSAW DAN METODE KONVENSIONAL DALAM MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS VII DI SMP N 2 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2011/2012 Resty Rahmadhani 08520244012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT), Jigsaw dan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK siswa kelas VII semester 2 tahun ajaran 2011/2012 di SMP N 2 Ngaglik Sleman. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII semester 2 yang terbagi menjadi kelas VIIA untuk penerapan metode konvensional sebagai kelas kontrol, VIIB untuk penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VII D untuk penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing 36 siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimental. Desain yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Uji validitas butir soal berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert) dan uji reliabilias menggunakan Cronbach's Alpha. Teknik analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji F dengan olah data menggunakan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT lebih baik sebagai metode dalam menyampaikan materi pembelajaran pada mata pelajaran TIK pokok pembahasan mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi dan kegunaannya untuk hasil belajar siswa daripada dengan metode pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh uji hipotesis posttest. Hasil uji hipotesis posttest dengan Uji F, nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α = 0,05 atau (0,000 < 0,05) dan Fhitung > Ftabel (143,774 > 3,083), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari pernyataan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran TIK dengan menggnakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Kata Kunci : Perbandingan, metode pembelajaran,Konvensional NHT, Jigsaw, konvensional, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 23:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21148

Actions (login required)

View Item View Item