INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SILABUS DAN RPP MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK 1 DI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Ratna, Anindita (2015) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SILABUS DAN RPP MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK 1 DI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ratna Anindita 095052424004.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SILABUS DAN RPP MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK 1 DI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN Oleh Ratna Anindita NIM 09505244004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan integrasi nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat dalam silabus dan RPP Mengambar dengan Perangkat Lunak 1, dan karakter yang ditonjolkan adalah aspek afektif, kognitif, psikomotor. (2) Mendiskripsikan integrasi karakter yang tercermin didalam kurikulum dan isi materi silabus dan RPP Menggambar dengan Perangkat Lunak 1. (3) Mendiskripsikan dokumen silabus dan RPP yang disusun menggambarkan integrasi nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak 1 Di SMK Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan desain penelitian kualitatif dengan menggunakan metode delphi. Penelitian ini adalah berupa pendapat para ahli yang berkompeten dibidang perangkat lunak, kegiatan belajar mengajar, pendidikan dan kurikulum. Objek penelitian berupa dokumen Silabus dan RPP Menggambar dengan Perangkat Lunak 1 SMK Negeri 1 Seyegan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan dokumen. Adapun penelitian ini dalam menganalisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menurut para ahli menunjukkan bahwa nilai karakter yang harus dicantumkan dalam silabus dan RPP Menggambar Dengan Perangkat Lunak 1 ialah yang pertama sikap disiplin, menumbuhkan etos kerja, tanggung jawab, dan kejujuran, yang kedua menyakini adanya Tuhan YME dan selalu menaati ajaran-Nya, mengembangkan sikap toleransi, saling menghormati, dan mengembangkan potensi diri, serta yang ketiga menaati ajaran agama, menghargai diri sendiri, memiliki rasa keterbukaan, mampu mengendalikan diri sendiri, berpikir positif, mengembangkan cinta kasih sayang, gotong royong, memiliki tata krama, dan memiliki rasa malu, serta didalamnya terdapat 3 aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Didalam kurikulum dan isi materi terdapat SKKD, indikator, tujuan, materi, dan evaluasi belum terdapat pencantuman nilai karakter didalam olahan kalimatnya. Dalam susunan dokumen Silabus dan RPP dari 18 nilai karakter yang dimunculkan dalam olahan kalimat masih sangat rendah dan terdapat sedikit nilai karakter yang dituliskan, sehingga didalam dokumen belum teritegrasi pendidikan karakter secara menyeluruh. Kata kunci : Pendidikan, Karakter, Silabus dan RPP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 22 Jun 2015 07:39
Last Modified: 29 Jan 2019 23:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21126

Actions (login required)

View Item View Item