Penggunaan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK N 3 Yogyakarta

Rahmad, Rismawan (2015) Penggunaan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK N 3 Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rahmad Rismawan-12503247003.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK N 3 Yogyakarta Oleh: Rahmad Rismawan 12503247003 ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik dengan metode pembelajaran Problem Solving; (2) mengetahui penggunaan metode pembelajaran Problem Solving yang digunakan pada mata pelajaran Gambar Teknik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral Kemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2013 sampai November 2013 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas XI TP 4 jurusan teknik pemesinan. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes hasil belajar dan dokumentasi. Data diperoleh dari penilaian tes tertulis dan tes praktik gambar manual. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) pada siklus I 64.583 meningkat menjadi di siklus II 75,875 dan menjadi pada siklus III 78,375 dan peningkatan yang mendapatkan nilai diatas nilai KKM yaitu pada siklus I 18 siswa meningkat menjadi 4 siswa pada siklus II dan pada siklus III siswa sudah berhasil lulus KKM semua; (2) penggunaan metode pembelajaran Problem Solving sebagai berikut: (a) melakukan identifikasi masalah oleh siswa atau kelompok; (b) melakukan perencanaan pemecahan yang harus dikerjakan oleh siswa; (c) melakukan penerapan masalah yang telah direncanakan oleh siswa; (d) Siswa melakukan penyelesaian masalah yang didukung dengan bimbingan dan diskusi kemudian dipresentasikan; (e) Melakukan evaluasi bersama siswa mengenai hasil pembelajaran untuk menunjukan hasil dan tingkatan yang dicapai oleh siswa. Kata kunci : Problem solving, Gambar Teknik dan Prestasi Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 22 Jun 2015 07:29
Last Modified: 29 Jan 2019 23:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21121

Actions (login required)

View Item View Item