SISTEM PELAPORAN HASIL BELAJAR (SIPENHAJAR) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

RAHMAD, EFFENDI (2015) SISTEM PELAPORAN HASIL BELAJAR (SIPENHAJAR) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rahmad Effendi 07520244010.pdf

Download (109MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SISTEM PELAPORAN HASIL BELAJAR (SIPENHAJAR) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN Oleh : RAHMAD EFFENDI NIM. 07520244010 Penelitian ini bertujuan membangun Perangkat Lunak Sistem Pelaporan Hasil Belajar (SIPENHAJAR) berbasis web dan mengetahui unjuk kerja dari segi usability fitur, usability umum, grapich design, sistem navigasi, content dan compatibility serta kelayakan perangkat lunak dari segi usability, sistem navigasi, grapich design, dan content di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan pihak sekolah dalam melakukan pengolahan dan penyajian hasil belajar siswa serta memudahkan siswa dalam melihat nilai hasil belajarnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang melalui beberapa tahap yaitu : (1) analisis kebutuhan; (2) desain; (3) pengkodean; (4) validasi ahli; (5) revisi produk; (6) uji coba pengguna; (7) revisi akhir. Validasi perangkat lunak dalam penelitian ini dilakukkan oleh 4 ahli rekayasa perangkat lunak. Uji coba terhadap pengguna dilakukkan di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yang terdiri 32 siswa sebagai pengguna dengan kewenangan siswa, 3 guru sebagai pengguna dengan kewenangan guru, 2 guru sebagai pengguna dengan kewenangan wali kelas, dan 2 guru sebagai pengguna dengan kewenangan administrator. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, sedangkan analisis data dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat lunak sistem pelaporan hasil belajar (SIPENHAJAR) berbasis web. Unjuk kerja dari perangkat lunak SIPENHAJAR berdasarkan validasi ahli memperoleh persentase 99,12% dari segi Usability Fitur dikategori sangat layak dan 80,77% dari segi usability umum, grapich design, sistem navigasi, content dan compatibility dikategori layak. Kelayakan perangkat lunak berdasarkan uji coba terhadap pengguna memperoleh persentase 96,37% dari segi usability dikategorikan sangat layak, 92,03% dari segi grapich design dikategorikan sangat layak, 100% dari segi sistem navigasi dikategorikan sangat layak, dan 93,75% dari segi content dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba pengguna dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak sistem pelaporan hasil belajar (SIPENHAJAR) layak digunakan dalam membantu pengolahan dan penyajian nilai hasil penilaian belajar siswa disekolah khususnya di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Kata Kunci : Sistem Pelaporan, Hasil Belajar, SIPENHAJAR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 22 Jun 2015 07:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21119

Actions (login required)

View Item View Item