FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA KE JENJANG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KECAMATAN BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

RAHMA, SUSILOWATI (2015) FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA KE JENJANG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KECAMATAN BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rahma Susilowati 08511241009.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rahma Susilowati 08511241009.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA KE JENJANG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KECAMATAN BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA Oleh: RAHMA SUSILOWATI 08511241009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat orang tua siswa SMP menyekolahkan anaknya ke jenjang SMK ditinjau dari faktor instrinsik (rasa tertarik, perasaan senang, motivasi). (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat orang tua siswa SMP menyekolahkan anaknya ke jenjang SMK ditinjau dari faktor ekstrinsik (status sosial ekonomi: tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan penghasilan); (3). Faktor yang paling dominan mempengaruhi minat orang tua siswa SMP di Kecamatan Berbah menyekolahkan anaknya ke jenjang SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Februari hingga Juni 2012 yang berlangsung di seluruh SMP Kecamatan Berbah. Populasi yang digunakan adalah orang tua siswa SMP kelas IX di Kecamatan Berbah sebanyak 402 orang tua siswa, dengan menggunakan teknik sampling Cluster sampling dan didapatkan sampel sebanyak 58 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Pengujian validitas menggunakan validitas konstruk dengan teknik korelasi product moment, dari 45 butir pertanyaan yang diujikan 40 butir yang valid, dengan 30 responden diluar sampel. Pengujian reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan reliabilitas konsistensi internal teknik alpha cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat orang tua menyekolahkan anaknya ke jenjang SMK di Kecamatan Berbah Sleman Yogyakarta adalah faktor intrinsik terdiri dari faktor rasa tertarik yang mempengaruhi minat orang tua sebanyak 53,45% termasuk kategori “Baik”, faktor rasa senang sebanyak 60,34% termasuk kategori “Baik”, faktor motivasi sebanyak 65,52% termasuk kategori “Baik”. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat orang tua menyekolahkan anaknya ke jenjang SMK di Kecamatan Berbah Sleman Yogyakarta adalah faktor ekstrinsik yaitu status sosial ekonomi yang terdiri dari faktor tingkat pendidikan yang mempengaruhi minat orang tua 79,31% termasuk kategori“Sangat Baik”, faktor jenis pekerjaan sebanyak 50% termasuk kategori“Baik” dan faktor penghasilan sebanyak 50% termasuk kategori “Sangat baik”. Dengan kata lain secara keseluruhan faktor intrinsik dan ekstrinik minat orang tua menyekolahkan anaknya ke jenjang SMK di Kecamatan Berbah sebanyak 62,07% termasuk kategori “baik” (3). Faktor yang paling dominan mempengaruhi minat orang tua menyekolahkan anaknya ke jenjang SMK adalah Faktor Ekstrinsik dimana pada aspek tingkat pendidikan dengan persentase sebanyak 79,31% sehingga dapat dikatakan sebagai faktor yang paling dominan. Kata kunci : Minat, SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 22 Jun 2015 05:07
Last Modified: 29 Jan 2019 23:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21087

Actions (login required)

View Item View Item