HUBUNGAN PENERAPAN JAM PELAJARAN SISTEM BLOK DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL SISWA KELAS X SMKN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Puput, Kartika Pratiwi (2015) HUBUNGAN PENERAPAN JAM PELAJARAN SISTEM BLOK DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL SISWA KELAS X SMKN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Puput Kartika 12502247008.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PENERAPAN JAM PELAJARAN SISTEM BLOK DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL SISWA KELAS X SMKN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh: Puput Kartika Pratiwi NIM 12502247008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan penerapan jam pelajaran sistem blok dengan prestasi belajar mata pelajaran teknik kerja bengkel siswa kelas X SMKN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014, (2) hubungan minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran teknik kerja bengkel siswa kelas X SMKN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014, (3) hubungan penerapan jam pelajaran sistem blok dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata pelajaran teknik kerja bengkel siswa kelas X SMKN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Magelang sejumlah 56 siswa. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus koefisien alpha. Sebelum dilakukan analisis data dilakukan uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi sederhana dan teknik analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat : (1) hubungan positif dan signifikan penerapan jam pelajaran sistem blok dengan prestasi belajar mata pelajaran teknik kerja bengkel siswa kelas X SMKN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014, ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,367, t hitung > t tabel, yaitu 2,902 > 2,01 (2) hubungan positif dan signifikan minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran teknik kerja bengkel siswa kelas X SMKN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014, ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,432, t hitung > t tabel, yaitu 3,516 > 2,01 (3) hubungan positif dan signifikan penerapan jam pelajaran sistem blok dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata pelajaran teknik kerja bengkel siswa kelas X SMKN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014, ditunjukkan dengan koefisien korelasi (ry(1,2)) sebesar 0,519, F hitung sebesar 9,755 > F tabel sebesar 3,18. Pada penelitian ini juga menunjukkan sumbangan relatif variabel penerapan jam pelajaran sistem blok sebesar 40,47% dan minat belajar sebesar 59,53%. Sedangkan sumbangan efektif variabel penerapan jam pelajaran sistem blok sebesar 10,74% dan minat belajar sebesar 15,81%. Kata kunci: penerapan jam pelajaran sistem blok, minat belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:33
Last Modified: 29 Jan 2019 23:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21078

Actions (login required)

View Item View Item