STUDI POTENSI WISATA MAKANAN(FOOD TOURISM) DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH

Pujiyati, Pujiyati (2015) STUDI POTENSI WISATA MAKANAN(FOOD TOURISM) DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Pujiyati 11511247007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

STUDI POTENSI WISATA MAKANAN(FOOD TOURISM) DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH Oleh : Pujiyati (11511247007) ABSTRAK Tujuan yang ingindicapaidalamstudiiniadalah(1).Mengetahuidanmenganalisismelaluipemetaan makanankhas Kota Semarang. (2).Mengkajidanmenganalisismelaluipemetaankawasanwisatawankulinerataumaka nan di Kota Semarang, (3). Mengkajisertamenemukankarateristikwisatawan di Kota Semarang yang dapatmemberikangambarandalammenumbuhkembangkanmakanan, sehingga Kota Semarang siapmenjadidaerahtujuanwisatamakanan. Penelitiandeskriptifkuantitatifdenganpendekatansurvay.Mengambilresponde nsebanyak 100 orang, penelitianinimenggunakantekniknon-probability sampling denganjenisaccidental sampling.Penelitian ini menitikberatkan di kawasan jl.Pandanaran, Kawasansimpanglima, Kawasanjl.MT.Haryono, Kawasan Taman KB, danKawasan Mall sriratu. Berdasarkanhasilpenelitianmaka, (1).Diperolehkesimpulanbahwamakanan Kota Semarang meliputimakananpokok Soto semarang, Tahu gimbal, Mie kopyok, danNasikucing. Laukpauk Kota Semarang meliputibandeng presto, lunpia, Wingkobabat.Kudapan Kota Semarang meliputigilo-gilo, Blanggem, Tahupetis, danGandos. (2). Makanan di Kota Semarang dapatdipetakanmenjadilimakawasandiantaranyaKawasanjl.Pandanaran, Kawasansimpanglima, Kawasanjl.MT.Haryono, Kawasan Taman KB, danKawasan Mall sriratu. (3). Karakteristikwisatawan yang berkunjung yang paling banyakadalahusia 31-35 tahunyaitu 24%, yang berlatarPedidikan SMA sebesar 39%, danpekerjaanPegawaiNegeriSipil (PNS) sebesar 33%, sebagianbesarwisatamakananlebihdimintaiPerempuan 53% danberasaldariLuar Kota dalamProvinsi 47%, memperolehinformasidariteman/keluarga 41%, dantemanperjalananbersamakeluarga 61%. Sedangkanpenghasilanwisatawankisaran 2.000.000-2.999.999 sebesar 43%, frekuensikunjunganselamasebulan ≤ 3 kali 67%, makananfavoritwisatawanyaknibandeng presto sebesar 29%, Lokasimakanan yang banyakdikunjungiwisatawanKawasanjl.Pandanaran 23%, Bandeng Presto menjadioleh-olehfavoritwisatawan 37%, danaksesibilitas/kemudahanpencapaiansebesar 44%. Kata Kunci :WisataMakanan, PengembanganPariwisata, Kota Semarang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Jun 2015 03:49
Last Modified: 29 Jan 2019 23:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21026

Actions (login required)

View Item View Item