PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 MAGETAN

Prabaria, Vesca Yulianandra (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 MAGETAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Prabaria Vesca Yulianandra 10520241017.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 MAGETAN Oleh: Prabaria Vesca Yulianandra NIM. 10520241017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Magetan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Magetan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X Multimedia yang berjumlah 37 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital khususnya pada pokok bahasan penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap paska produksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa pada pertemuan pertama siklus I sebesar 60,52%. Persentase keaktifan tersebut meningkat pada pertemuan kedua siklus I sebesar 78,57%. Rata-rata persentase keaktifan siswa pada siklus I yaitu sebesar 69,55%. Pada pertemuan pertama siklus II, persentase keaktifan siswa sebesar 66,31%. Pada pertemuan kedua siklus II, persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 82,05%. Rata-rata persentase keaktifan siswa pada siklus II yaitu 77,41%. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X Multimedia pada mata pelajaran Simulasi Digital. Kata Kunci: Keaktifan, Simulasi Digital, Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Jun 2015 03:10
Last Modified: 29 Jan 2019 23:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21010

Actions (login required)

View Item View Item