PENINGKATAN KOMPETENSI MENGANALISIS ASPEK-ASPEK PENGELOLAAN USAHA DENGAN METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI DI SMKN 2 GODEAN

Nurul, Muslimah (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI MENGANALISIS ASPEK-ASPEK PENGELOLAAN USAHA DENGAN METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI DI SMKN 2 GODEAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nurul Muslimah 09513241032.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENINGKATAN KOMPETENSI MENGANALISIS ASPEK-ASPEK PENGELOLAAN USAHA DENGAN METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI DI SMKN 2 GODEAN Oleh: Nurul Muslimah 09513241032 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Penerapan metode inquiry dalam meningkatkan kompetensi 2) Peningkatan kompetensi menganalisis aspekaspek pengelolaan usaha siswa kelas XI dengan menggunakan metode inquiry pada pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart, meliputi; Perencanaan, Tindakan dan Observasi, serta Refleksi. Subyek penelitian adalah 35 siswa kelas XI Busana 3 di SMK Negeri 2 Godean. Metode pengumpulan data dengan wawancara, lembar observasi dan tes pilihan ganda. Uji validitas berdasarkan judgement expert dan point biserial untuk tes pilihan ganda. Uji reliabilitas lembar observasi dengan antar rater dan tes menggunakan KR-20. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode inquiry hanya terlaksana 53%, ada kekurangan pada siklus pertama sehingga dilakukan perbaikan pada siklus kedua dengan ketercapaian 89%. 2)Kompetensi ranah kognitif pada pra siklus rata-rata kelas 61,71, setelah dikenai tindakan siklus pertama meningkat 8,58% dengan rata-rata kelas 70,29, dilakukan perbaikan pada siklus kedua meningkat 9,14% menjadi 79,43. Ranah psikomotor siklus pertama dengan rata-rata kelas 87,65 meningkat 3,17% menjadi 90,82 pada siklus kedua. Ranah afektif siklus pertama dengan rata-rata kelas 81,43 meningkat 9,14% menjadi 90,57. Kompetensi siswa ranah kognitif, psikomotor dan afektif dengan prosentase 100% sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal 70, dengan demikian metode inquiry dapat diterapkan pada pembelajaran kewirausahaan dan meningkatkan kompetensi siswa. Kata Kunci : kompetensi, menganalisis aspek-aspek pengelolaan usaha, metode inquiry, kewirausahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Jun 2015 02:30
Last Modified: 29 Jan 2019 23:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20992

Actions (login required)

View Item View Item