PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL ANPANMAN TENTANG BAHAN-BAHAN DALAM PEMBUATAN ROTI MANIS YANG MENARIK BAGI SISWA SMK KELAS XI JURUSAN TATA BOGA SMK N 2 GODEAN YOGYAKARTA

NURUL, HUDA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL ANPANMAN TENTANG BAHAN-BAHAN DALAM PEMBUATAN ROTI MANIS YANG MENARIK BAGI SISWA SMK KELAS XI JURUSAN TATA BOGA SMK N 2 GODEAN YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nurul Huda 06511241014.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL ANPANMAN TENTANG BAHAN-BAHAN DALAM PEMBUATAN ROTI MANIS YANG MENARIK BAGI SISWA SMK KELAS XI JURUSAN TATA BOGA SMK N 2 GODEAN YOGYAKARTA Oleh : NURUL HUDA 06511241014 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan komik digital Anpanman sebagai media pembelajaran yang menarik bagi siswa kelas XI Boga SMK N 2 Godean, 2) mengetahui kelayakan komik digital Anpanman sebagai media pembelajaran yang menarik bagi siswa kelas XI Boga SMK N 2 Godean, dan 3) mengetahui pendapat siswa terhadap komik digital Anpanman sebagai media pembelajaran yang menarik bagi siswa kelas XI Boga SMK N 2 Godean. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian dilakukan bulan September 2010 - Juli 2011. Subjek penelitian adalah komik digital Anpanman, sedangkan objek penelitian adalah siswa kelas XI Boga 2. Jumlah siswa atau responden sebanyak 31 orang. Validasi komik digital Anpanman menggunakan pertimbangan para ahli (judgment experts). Teknik pengumpulan data kelayakan komik digital Anpanman dari penilaian siswa menggunakan angket. Teknik analisis data untuk kelayakan komik digital Anpanman dari penilaian siswa menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian: 1) Pengembangan komik digital Anpanman diawali dengan analisis kebutuhan yang ada di SMK, pengumpulan referensi, penentuan tema cerita, pembuatan tokoh dan karakter dalam komik digital Anpanman, dan pembuatan ilustrasi komik dengan bantuan software macromedia flash 8.0, 2) Komik digital Anpanman divalidasi dari segi media dan materi dengan validitas konstruk (judgment experts) untuk diketahui kelayakannya. Kemudian komik digital Anpanman direvisi sesuai saran dari ahli materi dan media. Menurut ahli materi dan media, komik digital Anpanman layak digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran teori patiseri kelas XI Boga sesuai saran. 3) Komik digital Anpanman yang sudah melalui proses validasi diujikan bersama instrument penelitian kepada siswa SMK N 2 Godean kelas XI Boga 2 berjumlah 31 responden. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat diketahui bahwa pendapat siswa terhadap komik digital Anpanman sebagai media pembelajaran yang menarik termasuk kategori sangat setuju dengan prosentase sebesar 74,19%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat setuju komik digital Anpanman layak digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran teori patiseri untuk unit kompetensi membuat roti manis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Jun 2015 02:27
Last Modified: 29 Jan 2019 23:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20991

Actions (login required)

View Item View Item