APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ORIGAMI BERBASIS FLASH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5

Efi, Rochmatika (2015) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ORIGAMI BERBASIS FLASH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
09520244002 Efi Rochmatika Aplikasi Media Pembelajaran Origami Berbasis Flash Menggunakan Adobe F.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ORIGAMI BERBASIS FLASH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 Oleh: Efi Rochmatika NIM 09520244002 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan produk aplikasi media pembelajaran Origami berbasis multimedia yang menarik dan interaktif, (2) mengetahui tingkat kelayakan aplikasi media pembelajaran Origami berbasis multimedia, (3) mengetahui tanggapan pengguna tentang aplikasi Origami. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Pengujian awal dilakukan oleh peneliti dengan metode Black Box Testing untuk mengetahui kesalahan yang terdapat pada media pembelajaran. Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Uji coba dilakukan di SDN Rejosari Magetan dengan melibatkan 41 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mengubah data hasil rata-rata skor kedalam interval penilaian kelayakan. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) dalam aplikasi ini terdapat 3 petunjuk untuk membuat Origami yaitu: lembar petunjuk, animasi, dan video. Pengguna dapat menilai kemampuan terhadap Origami dengan kuis dan Puzzle. (2) kualitas media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak dari segi content dan media, hal ini berdasarkan rata-rata penilaian ahli media sebesar 4 dan rata-rata penilaian ahli materi sebesar 4, penilaian pengguna terhadap aplikasi pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dengan presentasi 89.26%. (3) tanggapan para pengguna kelas IV SDN Rejosari Magetan untuk Aplikasi media pembelajaran Origami banyak mengandung hal-hal yang positif dan membangun aplikasi ini menjadi lebih baik lagi. Kata kunci: Pembelajaran, Origami, Flash.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 19 Jun 2015 01:34
Last Modified: 29 Jan 2019 23:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20975

Actions (login required)

View Item View Item