KEEFEKTIFAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KASIHAN

Intan Kartika, Renny (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KASIHAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Renny Intan Kartika.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis teks eksplanasi antara kelompok kelas yang mendapatkan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan strategi CIRC dengan kelompok kelas yang mendapatkan pembelajaran menulis teks eksplanasi tanpa menggunakan strategi CIRC dan (2) mengetahui keefektifan strategi CIRC dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kasihan. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode quasi experiment. Desain penelitian pretest posttest control desain. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas strategi pembelajaran CIRC dan variabel terikat pembelajaran menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kasihan. Sampel yang digunakan adalah kelas VII D sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas untuk menunjukkan bahwa skor tes awal dan tes akhir berdistribusi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis teks eksplanasi yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi CIRC dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi CIRC. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t data tes akhir kemampuan menulis teks eksplanasi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan nilai ݐ௛௜௧௨௡௚ 2,973 dengan df 62 dan nilai p sebesar 0,004 (p 0,004<0,05). Selain itu, hasil penelitin juga menunjukkan bahwa strategi CIRC efektif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kasihan. Keefektifan strategi pembelajaran CIRC dapat dilihat dari hasil uji-t tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh ݐ௛௜௧௨௡௚ 8,352 dengan df 31 dan p sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%) serta terdapat kenaikan skor rerata pada kelompok eksperimen yang jauh lebih besar yaitu 8,84 daripada kelompok kontrol, yaitu sebesar 4,03.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 19 Jun 2015 03:31
Last Modified: 29 Jan 2019 23:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20971

Actions (login required)

View Item View Item