KEEFEKTIFAN PENGALAMAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 BERBAH, SLEMAN

Dewi, Windri Laksmi (2013) KEEFEKTIFAN PENGALAMAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 BERBAH, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Windri Laksmi Dewi 09201244057.PDF

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menyimak puisi antara peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Berbah dalam pembelajaran menyimak puisi yang menggunakan strategi pengalaman tematik dengan yang tidak menggunakan strategi pengalaman tematik, dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan strategi pengalaman tematik dalam pembelajaran menyimak puisi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Berbah. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel acak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal. Validitas yang digunakan adalah expert judgment. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai r sebesar 0,790. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menyimak puisi peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Berbah yang menggunakan strategi pengalaman tematik dengan yang tidak menggunakan strategi pengalaman tematik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada skor postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa diperoleh nilai p sebesar 0,003 (p < 0,05) sehingga dinyatakan signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa (2) strategi pengalaman tematik efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak puisi pada peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Berbah. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t pada selisih skor pretes ke postes serta selisih rata-rata hitung kemampuan menyimak puisi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diperoleh hasil nilai p lebih kecil dari 0,05 (0,002<0,05) sehingga signifikan. Selain itu, selisih pemerolehan rata-rata hitung pada kelompok eksperimen pada saat pretes dan postes lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Hasil selisih rata-rata hitung pada kelompok eksperimen adalah sebesar 2,03 sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 0,59

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi pengalaman tematik, kemampuan menyimak puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 06:49
Last Modified: 29 Jan 2019 23:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20969

Actions (login required)

View Item View Item