KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE-ENTRY JOURNALS (JURNAL DUA KOLOM) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

Anisarahayu, Siti (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE-ENTRY JOURNALS (JURNAL DUA KOLOM) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siti Anisarahayu 08201241010.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan menulis argumentasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi double entry journals (jurnal dua kolom) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi double entry journals (jurnal dua kolom), dan (2) membuktikan keefektifan penggunaan strategi double entry journals (jurnal dua kolom) dalam pembelajaran keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMAN 8 Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain quasi (eksperimen semu). Variabel bebas berupa strategi double-entry journals (jurnal dua kolom) dan variabel terikat yaitu keterampilan menulis argumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 8 Yogyakarta dengan jumlah keseluruhan 204 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan sampel secara random dilakukan dengan mengundi semua kelas X. Berdasarkan pengundian, siswa kelas X-A SMAN 8 Yogyakarta ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-B SMAN 8 Yogyakarta ditetapkan sebagai kelas kontrol. Dengan demikian, jumlah siswa dari kedua kelas ini adalah 68 siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi (content validity) dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Cronbach yang menunjukkan hasil 0,692 sehingga dinyatakan reliabel karena lebih besar dari 0,6. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 13.0. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis argumentasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi double entry journals (jurnal dua kolom) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi double entry journals (jurnal dua kolom). Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t skor pascates keterampilan menulis argumentasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 7,610 pada signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,05); 2) strategi double entry journals (jurnal dua kolom) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMAN 8 Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t prates dan pascates keterampilan menulis argumentasi kelompok eksperimen yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 9,431 pada signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi doble entry journals (jurnal dua kolom), menulis argumentasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 06:43
Last Modified: 18 Jun 2015 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20966

Actions (login required)

View Item View Item