KEEFEKTIFAN METODE SELIDIKI,TANYA,BACA, DARASKAN, TES (STBDT) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN TURI SLEMAN YOGYAKARTA

Perwitasari (2013) KEEFEKTIFAN METODE SELIDIKI,TANYA,BACA, DARASKAN, TES (STBDT) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN TURI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Perwitasari 08201241006.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode STBDT dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Turi Sleman Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode STBDT dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan metode STBDT pada kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Turi Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain control group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri di Kecamatan Turi Sleman Yogyakarta sebanyak 3 sekolah. Penentuan sampel sekolah dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh SMP Negeri 1 Turi Sleman Yogyakarta untuk tempat penelitian. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak,dengan hasil kelas VIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh dengan menggunakan tes membaca pemahaman berdasarkan Taksonomi Barret. Validitas instrumen berupa validitas isi untuk mengetahui instrumen yang digunakan mencerminkan isi yang dikehendaki, dengan cara disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku. Instrumen berjumlah 85 soal yang diujicobakan kepada siswa di luar sampel. Instrumen dianalisis menggunakan program SPSS 16.0 dengan analisis faktor dengan hasil 18 soal gugur dan 67 soal valid. Isi instrumen juga dikonsultasikan kepada ahlinya (Expert Judgement). Reliabilitas instrumen dihitung dengan teknik KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf kesalahan 0,05. Hasil pengujian prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t data posttest kemampuan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung sebesar 4,616, p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode STBDT dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan metode STBDT. Berdasarkan hasil Uji-t dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung 3,846, p sebesar 0,000 (p < 0,05), kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 2,00, sedangkan kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 4,18. Berdasarkan perbedaan kenaikan skor rerata tersebut, menunjukkan bahwa metode STBDT lebih efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman dibandingkan tanpa menggunakan metode STBDT

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STBDT, membaca pemahaman, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 06:39
Last Modified: 29 Jan 2019 23:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20965

Actions (login required)

View Item View Item