UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK OSCAR BROCKET PADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL (Penelitian Tindakan Kelas)

Istiqomah, Nurul (2013) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK OSCAR BROCKET PADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL (Penelitian Tindakan Kelas). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurul Istiqomah 09201241030.pdf

Download (55MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain drama dengan teknik Oscar Brocket pada siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon Bantul tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara, pengamatan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (proses, hasil, demokratik, dan dialog) dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik Oscar Brocket dapat meningkatkan keterampilan bermain drama pada siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon Bantul. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan siswa dari pratindakan dengan nilai rata-rata hitung sebesar 9,94 (39,76%), siklus I sebesar 15,17 (60,68%), siklus II mencapai 19,44 (77,76%). Kemampuan bermain drama siswa dari pratindakan sampai siklus II meningkat hingga mencapai rata-rata hitung 9,5 (38%). Selain itu, proses pembelajaran bermain drama juga mengalami peningkatan. Sebelum implementasi tindakan, siswa masih belum berani berekspresi, kurang aktif, masih sering bergurau dengan siswa lain, dan siswa masih terlihat ragu untuk memainkan tokoh yang dibawakannya sehingga peran yang dimainkan kurang maksimal. Setelah implementasi tindakan, siswa menjadi lebih dapat berekspresi, lebih aktif, proses pembelajaran menjadi kondusif, dan siswa tidak ragu lagi dalam memerankan tokoh yang dibawakannya, bahkan siswa mampu improvisasi di dalam memerankan tokoh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, keterampilan, bermain drama, teknik Oscar Brocket, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 06:37
Last Modified: 29 Jan 2019 23:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20963

Actions (login required)

View Item View Item