KEEFEKTIFAN STRATEGI IMAGE STREAMING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Andini, Novara Lusy (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI IMAGE STREAMING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Novara Lusy Andini 09201241047.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi image streaming dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi image streaming, dan (2) keefektifan penggunaan strategi image streaming dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi image streaming dan variabel terikat yaitu keterampilan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas XD dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XE dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penghitungan uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan skor posttest kelompok kontrol menghasilkan t hitung 1,360 dengan db 60 diperoleh nilai p=0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p=0,000<0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi image streaming dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi image streaming. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan t hitung sebesar 18,914 dengan db 30 dan nilai p=0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi image streaming efektif digunakan pada pembelajaran menulis cerpen di kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi image streaming, pembelajaran menulis cerpen, siswa SMA.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 06:30
Last Modified: 29 Jan 2019 23:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20960

Actions (login required)

View Item View Item