KEEFEKTIFAN STRATEGI KELILING KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP N 2 NGEMPLAK, SLEMAN

Khoeriyah, Nikmatul (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI KELILING KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP N 2 NGEMPLAK, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nikmatul Khoeriyah 09201244002.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran menulis pantun siswa yang menerapkan strategi Keliling Kelompok dan pembelajaran menulis pantun siswa yang tanpa menerapkan strategi Keliling Kelompok. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi Keliling Kelompok dalam pembelajaran menulis pantun siswa kelas VII SMP N 2 Ngemplak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Ngemplak, dengan kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen, masing-masing kelas tersebut terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non-tes, teknik tes berupa prates dan pascates, sedangkan teknik non-tes berupa dokumentasi. Validitas yang digunakan yaitu uji validitas isi dan dikonsultasikan kepada ahli di bidangnya (expert judgement). Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 20.0. Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS 20.0 dapat diketahui bahwa hasil uji normalitas prates kelompok kontrol 0,390, pascates kelompok kontrol 0,267, prates kelompok eksperimen 0,564, dan pascates kelompok eksperimen 0,100. Uji normalitas pada semua data menunjukkan P > 0,05, maka semua data dikatakan normal. Uji homogenitas data prates menunjukkan 0,766 dan pascates menunjukkan 0,306 (P > 0,05 = homogen). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan keterampilan menulis pantun siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.0. Uji-t skor pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan nilai P = 0,001 (P < 0,05 = signifikan), dengan demikian hasil uji-t tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Keefektifan strategi Keliling Kelompok dilihat dari uji-t prates-pascates kelompok kontrol dan prates-pascates kelompok eksperimen. Hasil uji-t prates-pascates kelompok kontrol diperoleh sig (2-tailed) 0,085 (tidak signifikan), sedangkan hasil uji-t prates-pascates kelompok eksperimen diperoleh sig (2-tailed) 0,000 (signifikan).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi Keliling Kelompok, menulis pantun, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 06:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20959

Actions (login required)

View Item View Item