Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Peserta Didik di SMPN 1 Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Norhamidah, Norhamidah (2015) Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Peserta Didik di SMPN 1 Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-norhamidah-13708259039.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan SSP berbasis scientific approach yang layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan karakter, (2) mengetahui keefektifan SSP berbasis scientific approach untuk meningkatkan keterampilan proses, dan (3) mengetahui keefektifan SSP berbasis scientific approach untuk meningkatkan karakter peserta didik di SMPN 1 Padang Batung. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengikuti model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah pengembangan meliputi: studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft SSP dan validasi, uji coba satu-satu, evaluasi dan revisi, uji coba kelompok kecil, evalusi dan revisi uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol, revisi uji coba lapangan menjadi produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Padang Batung. Instrumen pengumpulan data terdiri dari pedoman wawancara, lembar penilaian produk, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi karakter, tes keterampilan proses sains, dan angket karakter. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) SSP yang dkembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKPD, dn lembar penilaian keterampilan proses dan karakter, yang berdasarkan penilaian ahli, guru IPA, teman sejawat, dan melalui uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, serta uji coba lapangan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMPN 1 Padang Batung. (2) SSP IPA berbasis scientific approach efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di SMPN 1 Padang Batung. (3) SSP IPA berbasis scientific approach efektif untuk meningkatkan karakter peserta didik di SMPN 1 Padang Batung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, SSP, scientific approach, keterampilan proses sains, karakter
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jun 2015 03:30
Last Modified: 09 May 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20955

Actions (login required)

View Item View Item