KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA OPINI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMAN SE-KABUPATEN KLATEN

Kusumawati, Hidayah (2013) KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA OPINI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMAN SE-KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hidayah Kusumawati 09201244068.PDF

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kebiasaan membaca opini; (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis argumentasi; (3) mengetahui ada tidaknya korelasi antara kebiasaan membaca opini dengan kemampuan menulis argumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN se-Kabupaten Klaten sejumlah 3623. Sampel penelitian diambil berdasar tabel Krejchie sehingga didapat sampel sebesar 366 siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah stratified random sampling dan simple random sampling. Teknik stratified random sampling digunakan untuk mengkategorikan SMA Negeri di Kabupaten Klaten. Teknik simple random sampling digunakan untuk menentukan kelas dari sekolah yang telah terpilih. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes menulis. Uji persyaratan analisis data digunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) kebiasaan membaca opini siswa kelas X SMANegeri se-Kabupaten Klaten dengan jumlah siswa 366 dapat diketahui bahwa sebanyak 46 siswa (12,56%) berada pada kategori tinggi, sebanyak 310 siswa (84,59%) berada pada kategori sedang, dan 10 siswa (2,73%) berada pada kategori rendah; (2) kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Klaten dengan jumlah siswa sebanyak 366 dapat diketahui bahwa 93 siswa (25,4%) berada pada kategori tinggi, sebanyak 270 siswa (73,77%) pada kategori sedang, dan sebanyak 3 siswa (0,81%) pada kategori rendah; (3) terdapat korelasi yang signifkan antara kebiasaan membaca opini dengan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Klaten dengan koefisien korelasi hitung sebesar 0,817 dan r tabel (N=400) adalah 0,098 pada taraf koefisiensi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kebiasaan membaca opini dengan kemampuan menulis argumentasi. Semakin tinggi kebiasaan membaca opini maka semakin tinggi pula kemampuan menulis argumentasi, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca, kemampuan menulis, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:59
Last Modified: 29 Jan 2019 23:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20952

Actions (login required)

View Item View Item