PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN APLIKASI SOFTWARE SURVEI PEMETAAN (AS2P) DENGAN KONSEP STUDENT CENTERED LEARNING KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN SURVEI PEMETAAN SMK N 2 YOGYAKARTA

Nurul, Dwi Rahmawati W.S. (2015) PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN APLIKASI SOFTWARE SURVEI PEMETAAN (AS2P) DENGAN KONSEP STUDENT CENTERED LEARNING KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN SURVEI PEMETAAN SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nurul Dwi R.W.S 11505247001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN APLIKASI SOFTWARE SURVEI PEMETAAN (AS2P) DENGAN KONSEP STUDENT CENTERED LEARNING KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN SURVEI PEMETAAN SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh : Nurul Dwi Rahmawati W.S. 11505247001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (a) Mengetahui bahwa modul pembelajaran Aplikasi Software Survei Pemetaan (AS2P) mengarah pada tercapainya tujuan proses belajar mengajar yang ada, (b) Mengetahui modul pembelajaran Aplikasi Software Survei Pemetaan (AS2P) mendukung konsep student centered learning. Penelitian merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall, yang dimodifikasi dan disederhanakan menjadi enam langkah yaitu : analisis kebutuhan modul, mengembangkan produk awal, validasi ahli, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Subjek pada penelitian ini adalah subyek ahli materi dan subyek ahli media pembelajaran serta siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta kelas XII kompetensi keahlian survei pemetaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji akhir (uji kelompok besar) pada aspek media pembelajaran diperoleh persetujuan 86,59% dan pada aspek materi diperoleh persetujuan 84,05% serta pada aspek student centered learning diperoleh persetujuan 82,08%. Adapun hasil akhir yang merupakan gabungan tiga komponen aspek diperoleh persetujuan 85,26%, sehingga modul pembelajaran dengan konsep student centered learning untuk kelas XII jurusan survei pemetaan SMK Negeri 2 Yogyakarta sesuai dengan kebutuhan materi dan modul layak untuk menjadi media pembelajaran yang mendukung student centered learning. Kata Kunci : Modul, Survei Pemetaan, Student Centered Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:47
Last Modified: 29 Jan 2019 23:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20948

Actions (login required)

View Item View Item