PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK PAPAN CERITA (STORYBOARD) SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 1 MINGGIR, SLEMAN, YOGYAKARTA

Adnan, Baharudin (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK PAPAN CERITA (STORYBOARD) SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 1 MINGGIR, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Baharudin Adnan 09201241072.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X.1 di SMA Negeri 1 Minggir dengan menggunakan teknik papan cerita (storyboard). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri 1 Minggir. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Minggir yang terdiri dari 31 siswa. Pelaksanaan dan implementasi penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini berupa observasi, penilaian keterampilan menulis siswa, angket, wawancara dengan guru, pedoman penskoran yang dianalisis secara kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskripsi kualitataif yang didukung dengan data kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilihat dari analisis data proses dan analis data produk atau hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen menggunakan teknik papan cerita dapat meningkatkan kualiatas dan kuantitas pembelajaran menulis cerpen pada subjek tersebut. Peningkatan pembelajaran menulis siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta keantusiasan siswa dalam mengerjakan tugas menulis cerpen dengan menggunakan teknik papan cerita. Peningkatan secara kuantitas dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pratindakan dan siklusI sebanyak 13 siswa atau sebesar 43,3%. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 24 siswa atau sebesar 80%. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 36,7%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tindakan yang dilakukan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, cerpen, teknik pembelajaran, papan cerita, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:36
Last Modified: 18 Jun 2015 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

View Item View Item