PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN KOGNITIF MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X JASA BOGA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Nurul, Adhityanti Putri (2015) PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN KOGNITIF MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X JASA BOGA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nurul Adhityanti Putri-10511244012.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN KOGNITIF MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X JASA BOGA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014 Oleh : Nurul Adhityanti Putri NIM. 10511244012 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui pengembangan Tes Kemampuan Kognititf Mata Pelajaran Boga Dasar, (2) mengetahui kelayakan Tes Kemampuan Kognitif Mata Pelajaran Boga Dasar dan 3) mengetahui efektifitas Tes Kemampuan Kognititf Mata Pelajaran Boga Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan tes mengacu pada Djemari Mardapi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2013 – Juni 2014 di SMK N 3 Purworejo. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas X Jasa Boga sebanyak 95 siswa. Metode pengumpul data yaitu dengan metode tes dan metode non tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) prosedur pengembangan tes yaitu meliputi menyusun spesifikasi tes, menulis tes, menelaah tes, melakukan uji coba, menganalisis butir soal, memperbaiki tes, merakit tes, melaksanakan tes, menafsirkan hasil tes. (2) Kelayakan tes yang diuji yaitu a) tingkat kesukaran butir soal pilihan ganda didominasi sedang yaitu sebesar 46% sedangkan untuk soal uraian tingkat kesukaran soal 100% sedang; b) daya pembeda soal pilihan ganda didominasi dengan kategori poor sebesar 34% sedangkan soal uraian 50% satisfactory dan 50% good; c) soal pilihan ganda yang valid sebesar 40% sedangkan soal uraian 100% valid; d) reliabilitas tes pilihan ganda sebesar 0,68 sedangkan uraian lebih rendah yaitu sebesar 0,63. Instrumen tes mata pelajaran boga dasar yang telah valid dan reliabel terdiri dari 35 soal pilihan dan dan 2 soal uraian. (3) Efektifitas instrumen tes ditunjukkan dengan presentase tingkat kelulusan yaitu sebesar 45% siswa dinyatakan lulus dan sebanyak 55% dinyatakan tidak lulus. Kata kunci: pengembangan tes boga dasar, evaluasi hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:38
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item View Item