KEEFEKTIFAN STRATEGI REQAR (RECIPROCAL QUESTIONING AND QUESTION-ANSWER-RELATIONSHIP) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 WATES

Wijayanto, Arum (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI REQAR (RECIPROCAL QUESTIONING AND QUESTION-ANSWER-RELATIONSHIP) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arum Wijayanto 09201241037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi ReQAR dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi ReQAR di SMP Negeri 5 Wates, (2) menguji keefektifan strategi ReQAR dalam pembelajaran membaca pemahaman di SMP Negeri 5 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan control pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Wates yang terdiri dari kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E dengan jumlah keseluruhan 161 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, kelas VIII D terpilih sebagai kelompok kontrol, dan kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan membaca pemahaman yang berbentuk soal pilihan ganda. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi (content validity). Reliabilitas instrumen diketahui dari tingkat alpha yang keseluruhan pengerjaannya dibantu dengan komputer program Iteman. Hasil perhitungan menunjukkan nilai alpha sebesar 0,768, yang berarti cukup. Soal yang dinyatakan lolos uji validitas sejumlah 47 soal dari 80 soal yang diujikan dan diambil 45 soal yang digunakan sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 20 menunjukan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan nilai thit sebesar 2,091 dengan df 62, nilai P 0,041 (0,041<0,05). Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan skor rata-rata yang berbeda antara kelompok kontrol dan eksperimen. Skor rata-rata kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 1,84, sedangkan skor rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 4.47. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam keterampilan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi ReQAR dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tanpa mengunakan strategi ReQAR di SMP Negeri 5 Wates, (2) strategi ReQAR teruji efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman di SMP Negeri 5 Wates.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: reqar, membaca pemahaman, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:32
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20940

Actions (login required)

View Item View Item