KEEFEKTIFAN STRATEGI TPRC (THINK, PREDICT, READ, CONNECT) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 1 SENTOLO

Rahmawati, Anis (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI TPRC (THINK, PREDICT, READ, CONNECT) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 1 SENTOLO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anis Rahmawati 09201241005.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi TPRC dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi TPRC di SMPN 1 Sentolo. Kedua, untuk mengetahui apakah pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi TPRC lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi TPRC di SMPN 1 Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sentolo yang terdiri atas kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D. Teknik penyampelan yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan membaca pemahaman yang berbentuk pilihan ganda. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi (content validity). Reliabilitas instrumen diketahui dari tingkat alpha yang keseluruhan pengerjaannya dibantu dengan komputer program Iteman. Hasil perhitungan menunjukkan nilai alpha sebesar 0,811, yang berarti tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t pada taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji-t skor posttest keterampilan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan nilai th 3,163, tt 2,00 (3,163>2,00), nilai P sebesar 0,002 (0,002<0,05=signifikan) dengan df 62 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi TPRC dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi TPRC, (2) kenaikan skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 6,19, sedangkan kenaikan skor rata-rata kelompok kontrol sebesar 2,12. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi TPRC lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi TPRC di SMPN 1 Sentolo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TPRC, membaca pemahaman, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20937

Actions (login required)

View Item View Item